Daerah-daerah yang Terdampak Erupsi Gunung Sinabung

Daerah-daerah yang Terdampak Erupsi Gunung Sinabung
Gunung Sinabung saat menyemburkan debu vulkanik, Senin (10/8). (Analisadaily/Alex Ginting)

Analisadaily.com, Karo – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengeluarkan debu vulkanik pada Senin (10/8) pukul 10.40 WIB.

Ketinggian debu yang disemburkan hingga 5000 meter. Salah satu dari tim Badan Geologi dan PVMBG, Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Moh Nurul Asrori mengatakan, atas erupsi itu beberapa daerah terkena dampaknya.

“Gunung Sinabung kembali erupsi dan beberapa daerah terdampak,” kata Nurul dalam pesan yang disampaikan melalui grup WhatsApp.

Daerah yang terdampak ada empat kecamatan, yakni Namanteran, Simpangempat, Merdeka dan Berastagi.

“Abu menutup badan jalan, areal pertanian, kantor, hotel dan rumah penduduk. Abu juga menghujani kota wisata Berastagi dan daerah tujuan wisata lainnya, seperti bukit Gundaling, air panas Doulu dan Semangat Gunung,” kata dia.

Tidak di situ saja, Idamanhati Br Sinuhaji mengatakan, warga Deli Serdang, seperti desa Bandarbaru, Sikeben, Sukamakmur, Kecamatan Sibolangit juga terdampak abu vulkanik.

Usmanto Purba warga Doulu juga menyampaikan, abu menutupi sejumlah daerah di Langkat, seperti Telaga, jalan tembus Karo-Langkat.

Saat erupsi daerah-daerah di sekitar Gunung Sinabung tampak gelap, namun hingga pukul 12.55 WIB tadi, sudah mulai terang. Akan tetapi, abu masih menutupi permukaan jalan.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Sinabung dengan ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut mengalami erupsi pada Sabtu (8/8) sekitar pukul 01.58 WIB. Abu vulkanik hasil erupsi terdistribusi di beberapa kecamatan, Kabupaten Karo.

Tinggi kolom erupsi sekitar 2.000 meter di atas puncak. Kemudian pada sore harinya Sinabung kembali erupsi dengan mengularkan abu vulkanik sejauh lebih kurang 1.000 meter.

Hingga Senin, tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III.

(ALEX/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi