Tenaga Medis Berduka, Seorang Dokter Umum Gugur Akibat Covid-19

Tenaga Medis Berduka, Seorang Dokter Umum Gugur Akibat Covid-19
Dokter umum gugur akibat Covid-19 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kabar duka kembali datang bagi tenaga kesehatan di Kota Medan. Salah satu dokter umum meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 pada Rabu (12/8) malam.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan, dr Wijaya Juwarna Sp-THT-KL, membenarkan dokter umum meninggal dunia karena Covid-19. Dokter tersebut bernama dr Dennis.

"Iya benar, anggota kita kembali gugur karena Covid-19," katanya, Kamis (13/8).

Wijaya menuturkan, Dennis merupakan dokter ke-7 yang meninggal karena Covid-19. Menurut Wijaya, Dennis meninggal dangan usia yang masih muda, dan bekerja di salah satu klinik di Kota Medan.

Dengan semakin banyaknya tenaga medis yang gugur akibat terpapar Covid-19, Wijaya khawatir pelayanan pasien non Covid-19 akan terganggu. Ia menyarankan pemerintah memetakan kembali rumah sakit khusus yang merawat pasien Covid-19 dengan non Covid-19.

"Jika dinilai satu rumah sakit lebih bermakna jika menangani pasien non Covid-19, maka rumah sakit tersebut tidak boleh menangani pasien Covid-19, begitu sebaliknya," terangnya.

Meskipun sudah banyak dokter yang positif terpapar Covid-19, Wijaya yakin tidak ada satupun dokter yang akan meninggalkan tanggung jawabnya menolong masyarakat.

"Saya percaya tidak akan satupun dokter yang akan meninggalkan tanggung jawabnya ini, sepanjang masih mampu dia bertahan di tengah krisis semangat dan bahaya infeksi Covid-19 yang selalu mengancam," tandasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi