HUT ke-75 MA di Tengah Pandemi, PN Kisaran Terus Berbenah

HUT ke-75 MA di Tengah Pandemi, PN Kisaran Terus Berbenah
HUT ke-75 Mahkamah Agung (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Pengadilan Negeri (PN) Kisaran Kelas IB saat ini terus melakukan pembenahan dalam meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat. Hal ini terkait peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Mahkamah Agung (MA).

Hadir dalam kegiatan HUT MA ke-75 yakni Ketua PN Kisaran, Ulina Marbun, Wakil Ketua PN Kisaran, Nelson Angkat, Humas PN Kisaran, Miduk Sinaga, dan seluruh Hakim PN Kisaran.

Ketua PN Kisaran, Ulina Marbun mengatakan, PN Kisaran Kelas IB adalah salah satu pengadilan di wilayah Sumut yang menjadi sorotan pimpinan MA karena segudang prestasi yang diraih.

"PN Kisaran saat ini menjadi sorotan MA karena prestasi cukup cemerlang khusus di bidang pelayanan, jumlah perkara yang disidangkan baik pidana maupun perdata," kata Ulina, Rabu (19/8).

Jumlah perkara yang disidangkan baik pidana dan perdata uuntuk setiap tahun mencapai 1.400 perkara, namun dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

"Keterbukaan informasi membuat PN Kisaran dapat mengakses fitur bagi masyarakat yang membutuhkan informasi secara cepat dan langsung dilayani di bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP," ujarnya.

Saat ini prestasi juara I dan II se-Indonesia sudah pernah diraih PN Kisaran, bahkan sejak bulan November 2019 sampai dengan Juli 2020, PN Kisaran selalu konsisten di lima besar se-Indonesia dalam penanganan perkara yang cepat, sederhana, dan biaya ringan tanpa mengabaikan hukum acara.

Akibat dampak Covid-19 membuat persidangan pidana sejak bulan Maret sampai dengan saat ini menggunakan media Video Confrence (VidCon).

"Hal ini sangat membanggakan, bahwa PN Kisaran melayani dua wilayah hukum yaitu Kabupaten Asahan dan Batubara," tambah Humas PN Kisaran, Miduk Sinaga.

Banyak kemajuan dan capaian yg dilakukan oleh PN Kisaran. Setiap masyarakat yang membutuhkan informasi perkara maupun informasi lainnya dapat langsung dilayani di PTSP.

"Satu-satunya PN Kisaran di Sumut yang mempunyai inovasi ruangan PTSP dan personel yang ditempatkan ramah dan memiliki kompetensi," ujarnya.

Saat ini pimpinan MA dan PT Medan mempercayai PN Kisaran Kelas I B sebagai salah satu kontestan untuk mengikuti perlombaan PTSP seluruh PN di Indonesian, yang menampilkan keunggulan dalam pelayanan kepada masyarakat cepat, tepat, dan transparan bagi pencari keadilan.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi