Kades Bagan Kuala Bagikan Dana BLT Tahap Empat 

Kades Bagan Kuala Bagikan Dana BLT Tahap Empat 
Perangkat desa melayani warga untuk menerima Bantuan Langsung Tunai, Selasa (25/8). (Analisadaily/Muhammad Zulfadly)

Analisadaily.com, Tanjung Beringin - Pemerintahan Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, kembali menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (DD) tahap ke IV di Kantor Desa Bagan Kuala, Selasa (25/8).

Kepala Desa Bagan Kuala, Safril mengatakan, masyarakat terdampak Corona di Desa Bagan Kuala dari Dusun I sampai Dusun III, sebanyak 189 warga atau KK yang menerima BLT DD tahap IV tahun 2020.

“Dengan rincian, Dusun I sebanyak 90, Dusun II 33 dan Dusun III 66 Kepala Keluarga,” papar Safril.

Dana BLT lanjutan tahap IV ini diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebesar Rp 300.000, terhitung mulai dari bulan Juli, Agustus dan September tahun 2020.

Bagi warga penerima yang ada di Dusun I dan Dusun II dengan datang langsung di kantor desa untuk mengambil dana BLT tahap ke IV.

Sementara warga yang ada di Dusun III, Pemerintah Desa Bagan Kuala langsung mengantarkan dana BLT ke rumah karena lokasinya jauh dari kantor desa.

"Kita tetap mengantarkan BLT ini jika masyarakat penerima tidak bisa datang atau rumahnya jauh dari kantor desa," ujar Safril.

Safril menambahkan, sebelumnya ada sekitar 193 warga yang menerima dana BLT, namun tahap ke IV ini ada sedikit pengurangan karena ada 4 (empat) KK yang sudah menjadi penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diterima dalam bentuk sembako.

Masih kata dia, bantuan dampak Covid-19 ini kemungkinan akan berlajut.

Sebelumnya BLT DD tahap I sampai III yang diberikan sebesar Rp 600.000, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK 40) dan untuk pemberian BLT DD lanjutan tahap ke IV tahun 2020 ini berdasarkan PMK 50.

"Dana BLT DD lanjutan ini diberikan sebesar tiga ratus ribu rupiah berdasarkan PMK 50," ujar Safril.

Seorang penerima, Lisa, warga Dusun I, Desa Bagan Kuala, merasa sangat senang karena sudah yang ke empat kalinya menerima bantuan BLT DD.

"saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Bagan Kuala sudah menyalurkan BLT ini, karena sangat terbantu untuk kebutuhan sehari-hari kami," ujarnya.

Begitu juga Nek Rohani (90) warga Dusun I, Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Bagan Kuala.

"Semoga Safril diberikan kesehatan dan dimudahkan rezekinya," ucap nenek yang tertua di Desa Bagan Kuala itu.

Salah seorang nelayan warga Desa Bagan Kuala yang menerima dana BLT merasa sangat senang sekali mendapat dana BLT DD tahap ke IV tersebut.

"Apalagi di saat situasi susah ke laut, keadaan angin tenggaro ini, kami menerima duit BLT tiga ratus ribu sangat senang. Jadi bisa terbantu membeli kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

(MZ/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi