10 Pegawai KPK Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pada Hari Ini

10 Pegawai KPK Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pada Hari Ini
Petugas PPSU Bukit Duri menyelesaikan pembuatan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona di kawasan Tebet, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Analisadaily.com, Jakarta - Tes swab PCR yang dilakukan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap 194 pegawainya pada Kamis (27/8) di Gedung Juang KPK kerja sama poliklinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto.

Dari hasil swab beberapa pegawai KPK, per hari ini, Jumat (28/8), telah diperoleh informasi ada 10 pegawai yang terpapar Covid-19. 10 orang tersebut terdiri dari 4 orang yang bekerja di direktorat penyidikan, dan 6 dari pegawai outsourching pada biro umum KPK.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara (Jubir) KPK, Ali Fikri mengatakan, satu dari empat orang yang positif Covid-19 di direktorat penyidikan diketahui adalah Novel Baswedan.

"KPK telah mengambil langkah terhadap para pegawai yang telah terkonfirmasi positif dengan dilakukan isolasi mandiri, dan telah dalam pemantauan layanan kesehatan tempat tinggal terdekat," kata Ali, dilansir dari Liputan6.com.

Disebutkannya, lantaran ada pegawai di direktorat penyidikan yang terkonfirmasi positif, maka kegiatan pada kedeputian penindakan untuk beberapa perkara sementara dilakukan penjadwalan ulang pemeriksaan.

"Khusus yang karena keterbatasan waktu penyelesainnya sesuai ketentuan Undang-Undang, maka tetap segera diselesaikan dengan protokol yang diperketat," sebutnya.

Untuk diketahui, tes swab PCR terhadap 194 pegawai ini dilakukan karena sebelumnya sebanyak 9 pegawai, 4 non pegawai, dan 1 tahanan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab sebelumnya.

"Hasil tes swab yang dilakukan BBTLKPP Kemenkes terhadap berapa pegawai dan tahanan telah ditemukan ada 9 pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, 4 orang non pegawai/outsourching dan 1 orang tahanan dinyatakan positif terpapar Covid 19," ujar Ali dalam keterangannya.

Mereka yang terpapar virus Covid-19 sudah berikan tindakan medis demi meminimalisir penularan. Bagi para pegawai dan non pegawai telah diisolasi mandiri kerja sama puskesmas di sekitar kediaman para pegawai.

"Untuk tahanan telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri," Ali menandaskan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi