Sinergitas KONI dan KPOTI Sangat Penting Menuju PON 2024 di Sumut

Sinergitas KONI dan KPOTI Sangat Penting Menuju PON 2024 di Sumut
Silaturahmi KPOTI Sumut ke KONI Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Sumatera Utara (Sumut) bersilaturahmi ke KONI Sumut. Sejumlah hal didiskusikan, termasuk penguatan permainan tradisional serta menyambut PON 2024.

Silaturahmi terjalin di Sekretariat KONI Sumut. Pengurus KPOTI yang diketuai Agustin Sastrawan Harahap diterima langsung Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis. Jhon menegaskan penggalian serta ekspos tentang Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional harus terus digalakkan KPOTI Sumut.

"Ada banyak permainan serta Olahraga Tradisional, terkhusus di Toba yang belum tergali. Saya harap ini menjadi tugas penting KPOTI Provinsi Sumatera Utara untuk menggalinya. Pembuatan standarisasi serta payung hukum," kata Jhon, Minggu (30/8).

Jhon yang didampingi Wakil Ketua KONI Sumut, Sakiruddin, Sekretaris, Chairul Azmi, nenambahkan, KPOTI harus terus mendorong penerbitan Peraturan Pemerintah yang membahas tentang anggaran serta kementerian mana yang akan menaungi KPOTI.

"Harus lahir itu karena KPOTI ini penting hadir di lingkup masyarakat," kata Jhon.

Wakil Ketua KONI Sumut, Sakiruddin menjelaskan, pihaknya sangat mendukung KPOTI Sumut yang hadir di tataran masyarakat.

"Sehingga membugarkan anak-anak serta seluruh masyarakat Indonesia, KPOTI adalah wadah yang tepat untuk itu," tegas Sakiruddin.

Ketua Umum KPOTI Sumut, Agustin Sastrawan Harahap, menyambut baik masukan-masukan dari KONI Sumut.

"Sinergitas dan kolaborasi ini penting," kata Agustin didampingi Sekretaris KPOTI Sumut, Agus Salim Samosir, Dewan Pakar, Rosmardhana, dan Wakil Sekretaris, Fahri Ananta Pane.

Agustin menjelaskan, pihaknya pada 15-18 Agustus 2020 melaksanakan Road to Merdeka mengelilingi 16 kabupaten/kota di Sumut.

"Kegiatannya menggali kearifan lokal yang ada serta pemberian mandat kepengurusan di kabupaten kota. Kita juga turut serta ijut dalam upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut Sibolga pada peringatan 17 Agustus," sebut Agustin.

Di sisi lain, KPOTI Sumut menyatakan siap untuk membantu KONI Sumut dan pemerintah menyukseskan PON 2024 di Sumut.

"Kita siap memeriahkan perhelatan PON 2024 dengan menggelar pemasalan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional di setiap venue pertandingan olahraga. Dan kita siap menjadi relawan bilamana dibutuhkan pada PON 2024 nanti," tegas Agustin.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi