Regal Springs Indonesia Bantu 50.000 Benih Tilapia di Serdang Bedagai

Regal Springs Indonesia Bantu 50.000 Benih Tilapia di Serdang Bedagai
Senior Manager Corporate Affairs Community Regal Springs Indonesia, Dian Octavia, saat melepaskan benih ikan tilapia di perairan sungai di Serdang Bedagai, Kamis (3/9). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Program keberlanjutan KAMI PEDULI Regal Springs Indonesia memberikan bantuan 50.000 benih unggul tilapia kepada masyarakat dan kelompok tani di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan kemitraan kami dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sebagai bagian dari program keberlanjutan KAMI PEDULI dan mendukung masyarakat dalam pilar danau dan air,” kata Senior Manager Corporate Affairs & Community Regal Springs Indonesia, Dian Octavia, Kamis (3/9).

Pemberian bantuan 50,000 benih tilapia dilakukan dalam dua kegiatan. Pertama, pelepasan benih tilapia ke perairan sungai di Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai.

Kedua, penyaluran benih tilapia kepada empat Kelompok Budidaya Perikanan (POKDAKAN) Muhibah, Desa Arapayung, POKDAKAN Mitra Jaya Abadi, Dusun IV, Kecamatan Pantai Cermin, dan POKDAKAN Gurami Jaya, Desa Melati II, POKDAKAN Delta Maju Bersama, Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan.

“Jadi, sebanyak 10.000 benih tilapia ditebarkan ke perairan umum sungai, dan sebanyak 40.000 diberikan ke Kelompok Budidaya Perikanan untuk dibudidayakan di kolam mereka,” terangnya.

Dijelaskan Dian, kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan ekosistem perairan dan memberikan nilai ekonomis bagi petani ikan dan nelayan, serta mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Sampai September 2020, Regal Springs Indonesia melalui program keberlanjutan KAMI PEDULI telah memberikan bantuan 50.000 benih Tilapia untuk kegiatan di Kabupaten Serdang Bedagai dan 120.000 benih tilapia untuk kegiatan di Danau Toba.

“Secara keseluruhan sampai saat ini kami telah memberikan bantuan 170.000 benih tilapia untuk program KAMI PEDULI. Harga benih Tilapia di masyarakat berkisar Rp 1.000 per ekor. Sehingga bantuan benih tilapia secara keseluruhan bernilai Rp 170.000.000,” ujarnya.

Benih tilapia yang diberikan merupakan hasil produksi budidaya pembenihan Regal Springs Indonesia di Desa Naga Kisar, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Benih tersebut adalah benih unggul yang diproduksi secara berkelanjutan dengan menggunakan teknologi dan mengikuti standar cara budidaya benih ikan yang baik, bersertifikat nasional dan internasional.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi