Jokowi Tegaskan Fokus Utama Pemerintah Tangani Masalah Kesehatan

Jokowi Tegaskan Fokus Utama Pemerintah Tangani Masalah Kesehatan
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi (Instagram @jokowi)

Analisadaily.com, Jakarta - Fokus utama kerja pemerintah saat ini adalah menangani masalah kesehatan masyarakat akibat pandemi Covid-19, baru kemudian pemulihan ekonomi. Hal ini ditegaskan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi.

"Sekali lagi saya ingin perintahkan jajaran Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, Menteri Kesehatan, dan TNI, Polri, betul-betul agar yang berkaitan dengan urusan penanganan COVID-19 betul-betul menjadi fokus kita, ekonomi akan mengikuti," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, dilansir dari Antara, Senin (7/9).

"Artinya, fokus kita tetap, nomor satu kesehatan, adalah penanganan COVID-19. Karena memang kuncinya ada di sini," katanya saat membuka Sidang Kabinet Paripurna mengenai Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021.

Sidang dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pemimpin lembaga negara. Jokowi menekankan, jika kondisi kesehatan masyarakat membaik, maka kondisi ekonomi akan turut membaik.

Dikatakan orang nomor satu di Republik Indonesia itu, penanganan kesehatan masyarakat merupakan kunci pemulihan dari situasi krisis akibat pandemi Covid-19. Percepatan upaya pemulihan ekonomi domestik sangat bergantung pada hasil penerapan kebijakan penanganan pandemi Covid-19.

"Jangan sampai kita urusan kesehatan, urusan Covid-19 ini belum tertangani dengan baik, kita sudah men-starter, restart, di bidang ekonomi. Ini juga sangat berbahaya," tegasnya.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 hingga Minggu (6/9) mencatat jumlah kasus di Indonesia mencapai 194.109 dengan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 138.575 orang, dan jumlah pasien meninggal dunia 8.025 orang.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi