Syarief Hasan Pertanyakan Langkah Polri Bentuk Pam Swakarsa

Syarief Hasan Pertanyakan Langkah Polri Bentuk Pam Swakarsa
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Syarief Hasan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww)

Analisadaily.com, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Syarief Hasan, mempertanyakan langkah Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang menerbitkan aturan baru terkait pembentukan Pam Swakarsa yang dapat berasal dari pecalang hingga kelompok masyarakat sipil.

Dalam sejarahnya, kata Syarief, Pam Swakarsa adalah kelompok sipil yang dipersenjatai dan dibentuk pada tahun 1998. Mulanya dibentuk untuk mengamankan Sidang Istimewa MPR RI, namun kerap terlibat bentrok dengan kelompok masyarakat lainnya.

"Hadirnya kembali istilah dan fungsi Pam Swakarsa menunjukkan adanya potensi mengembalikan ketakutan di masa lalu karena telah dilegitimasi dengan kebijakan," kata Syarief dilansir dari Antara, Rabu (16/9).

Syarief pun menilai, perlu ada kajian lebih lanjut mengenai tugas Pam Swakarsa yang beririsan dengan tugas kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menurut dia, jangan sampai tugas itu disalahpahami sebagai langkah untuk melakukan pengamanan layaknya kepolisian yang dapat menimbulkan masalah baru.

Apalagi, kata dia, seragam yang akan digunakan satpam, bagian dari Pam Swakarsa, disesuaikan dengan warna seragam kepolisian berwarna cokelat tua.

"Perubahan seragam ini dapat menimbulkan kebingungan secara psikologis kepada masyarakat, karena seakan Pam Swakarsa adalah bagian langsung dari polisi yang dapat melakukan penindakan secara hukum," paparnya.

Syarief mendorong Polri untuk melakukan kajian kembali terkait Pam Swakarsa, apalagi berkembang berbagai wacana yang menyebutkan bahwa Pam Swakarsa berpotensi dipersenjatai seperti pada tahun 1998.

Menurut dia, pembentukan Pam Swakarsa dan perubahan warna baju pada satpam tidak memiliki urgensi yang kuat dan terkesan kontraproduktif dengan tugas kepolisian.

Ia mengatakan, pembentukan kembali Pam Swakarsa dapat menggulirkan kembali wacana munculnya angkatan kelima yang akan mengganggu reformasi di tubuh TNI dan Polri.

"Polri telah ditunjuk negara melalui UU untuk menjadi penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jangan sampai, pembentukan Pam Swakarsa dapat memunculkan anggapan lahirnya 'New Polisi' atau angkatan kelima di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri, Jenderal Pol Idham Aziz mengeluarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang ditandatanganinya pada 5 Agustus 2020.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi