Wartawan Senior Sekaligus Sejarawan Betawi Alwi Shahab Meninggal Dunia

Wartawan Senior Sekaligus Sejarawan Betawi Alwi Shahab Meninggal Dunia
Alwi Shahab (Antara TV)

Analisadaily.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Ibu Kota Jakarta. Wartawan senior sekaligus sejarawan Betawi, Alwi Shahab, meninggal dunia, Kamis (17/9), sekitar pukul 03.00 WIB.

Dilansir dari CNNIndonesia, wartawan senior Republika itu meninggal dunia di usia 84 tahun. Kabar duka dikonfirmasi langsung Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi.

"Iya bener Abah (Alwi Shahab) berpulang," kata Irfan.

Rumah duka beralamat di Kompleks Balekambang Asri Nomor 14, Gang Haji Sarbii, Jalan Mungggang, Condet, Jakarta Timur.

Alwi mengawali karier sebagai wartawan di Kantor Berita Antara sejak Agustus 1963. Ia menulis beberapa laporan mulai dari isu perkotaan, kepolisian, parlemen, sampai bidang ekonomi.

Alwi juga pernah meliput di Istana Kepresidenan. Tidak hanya itu, Alwi juga pernah berangkat ke perbatasan Malaysia-Thailand untuk meliput operasi penumpasan gerakan Komunis oleh tentara Malaysia.

Selepas dari Antara, ia bergabung dengan Republika. Selain bergelut sebagai wartawan, Alwi juga banyak menulis cerita menarik semasa penjajahan Belanda hingga Kemerdekaan.

Alwi menulis buku berjudul Hukum Pancung di Batavia terbitan tahun 2007. Kemudian Ciliwung: Venesia dari Timur, hingga Kasino Bernama Kepulauan Seribu.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi