Seorang Pencuri Alat Berat Tewas Diamuk Massa

Seorang Pencuri Alat Berat Tewas Diamuk Massa
Salah seorang pelaku pencurian komputer alat berat yang diamuk massa (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sipahutar - Satu dari lima pelaku pencurian komputer alat berat dari wilayah konsesi PT Toba Pulp Lestari (TPL) di Desa Tapian Nauli III, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), tewas diamuk massa.

Korban tewas diketahui berinisial ES (36). Sedangkan dua pelaku lainnya MS (34) dan MS (24) kini dalam kondisi sekarat di Rumah Sakit Umum (RSU) Porsea, Kabupaten Toba.

Informasi diperoleh Analisadaily.com, pencurian itu terjadi pada Minggu (27/9) sekitar pukul 00.30 WIB di Kompleks D.051 Desa Tapian Nauli III, Kecamatan Sipahutar, Taput.

Saat itu para pelaku merengsek masuk ke kawasan kompleks konsesi TPL melalui jurang. Setibanya di lokasi, para pelaku langsung menguasai alat berat dan menyekap seorang penjaga.

Namun sebelum para pelaku keluar dari kawasan tersebut, tiga orang Satpam PT TPL, Nassurlah, Roikardi Nababan dan Boike Siahaan melakukan patroli rutin.

Nassurlah kemudian melihat penjaga alat berat disekap dengan lakban warna hitam oleh lima orang tak dikenal di lokasi tersebut. Seketika dia berteriak dan terlibat pertengkaran dengan pelaku.

Salah seorang pelaku sempat memukul kepala Nasrullah dengan kayu yang mengakibatkannya terjatuh. Kemudian dia diseret ke dalam mobil patroli TPL dan diikat.

Setelah para pelaku pergi, Nasrullah berhasil melepaskan ikatannya dengan menggesekkan tali ke bemper mobil. Begitu terlepas, ia langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Meneger PT TPL selaku pimpinannya di Sektor Habinsaran untuk tindak lanjut.

Mendapat laporan tersebut, Maneger TPL langsung menghubungi karyawan untuk melakukan pencarian dan penghadangan di setiap persimpangan dibantu warga sekitar.

Alhasil sekira pukul 06.30 WIB, tiga pelaku berhasil ditangkap massa dalam jurang setelah melarikan diri ke Kabupaten Toba. Namun sebelum diboyong ke atas, ketiganya terlebih dahulu dihajar massa.

Seorang terduga pelaku akhirnya meninggal di Rumah Sakit Umum (RSU) Porsea setelah sekujur tubuhnya babak belur. Sedangkan dua rekannya mengalami luka serius dan kini dirawat intensif.

Kasubbag Humas Polres Taput, Aiptu W. Baringbing, membenarkan peristiwa pencurian komputer alat berat di wilayah konsesi TPL.

"Benar, saat ini kasus pencurian tersebut sedang kita tangani bersama Polres Toba," ujar Baringbing kepada di Tarutung, Senin (28/9).

Baringbing juga membenarkan bahwa salah seorang dari terduga pelaku pencurian tersebut tewas diamuk massa. Sedangkan dua orang lagi sedang dirawat di RSU Porsea.

"Ya informasi yang kita terima bahwa seorang dari para pelaku tewas diamuk massa saat ditemukan," tandasnya.

(CAN/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi