Sinergi YHT dan IZI Luncurkan Rumah Sehat Holistik Sumatera Utara

Sinergi YHT dan IZI Luncurkan Rumah Sehat Holistik Sumatera Utara
Foto bersama usai peluncuran Rumah Sehat Holistik Sumatera Utara (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Yayasan Hasanah Titik (YHT) bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meresmikan program Rumah Sehat Holistik (RSH) di Jalan Kasuari No. 29 C, Kecamatan Medan Sunggal.

Peresmian itu berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh General Manager Zakat Funding IZI Nasional Sutanto, Ketua Yayasan Hasanah Titik (YHT) BNI Syariah Agus Sutantyo, Manager ZISWAF YHT Doni Halim, Asisten Perwakilan Gubernur Provinsi Sumatera Utara Mhd. Fitriyus.

Kemudian Ketua Perkumpulan Bekam Indonesia (PBI) Sumatera Utara dr. Qadri Fauzi Tanjung, Bussiness Manager BNI Syariah Medan Muhammad Ersyad Hilmi, Pengurus BKM Darul Huda, Saritaon Siregar dan Kepala Perwakilan IZI Sumut M. Iqbal Farizi.

Selain itu, turut hadir pula sembilan orang pekerja terapis bekam (RSH) dan sepuluh orang penerima manfaat yang merupakan masyarakat yatim dhuafa sekitar Kota Medan.

Kepala Perwakilan IZI Sumatera Utara, M. Iqbal, menjelaskan bahwa Rumah Sehat Holistik (RSH) merupakan salah satu program pemberdayaan dana zakat IZI bidang ekonomi, dan juga program lanjutan dari Akademi Pelatihan Bekam IZI sebelumnya, yang bertujuan agar penerima manfaat zakat terbantu menjadi asnaf berdaya dan hidup mandiri dalam bidang ekonomi.

"Rumah Sehat Holistik (RSH) ini mempekerjakan alumni pelatihan bekam IZI dengan berbagai layanannya yang sudah melewati tahapan-tahapan pelatihan dan pembekalan sertifikasi," kata Iqbal, Sabtu (24/10).

Iqbal juga menyebut bahwa program ini diharapkan bisa membantu pemerintah daerah agar bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Program Rumah Sehat Holistik ini juga tepat sasaran dan merupakan alumni terapis yang sudah dilakukan assessment atau peninjauan kepada penerima manfaat yang benar-benar membutuhkan. Kemudian beliau juga berterimakasih kepada Yayasan Hasanah Titik (YHT) dan berharap mudah-mudahan ini sebagai langkah awal dalam berkolaborasi pada program selanjutnya," ucapnya.

Asisten Adm. Umum Pemprov Sumut mewakili Gubernur Sumatera Utara Fitriyus mengapresiasi dan mendukung program bantuan yang diberikan Yayasan Hasanah Titik (YHT) sinergi dengan IZI di tengah pandemic wabah corona.

"Kami mengapresiasi dan turut bangga dengan banyaknya program-program IZI yang sangat luar biasa terkhusus kerjasamanya dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) dalam program Rumah Sehat Holistik (RSH) ini sangat membantu ekonomi masyarakat dan juga pemerintah dalam mengupayakan peningkatkan kualitas SDM di Kota Medan khususnya ditengah wabah pandemic ini agar mampu bertahan dan berkembang dalam dan berdaya usaha," ujarnya.

Fitriyus juga mengimbau para pekerja terapis nantinya agar selalu tetap menegakkan protokol Covid-19 dengan menjaga jarak, menjaga kebersihan dalam kehidupan, jauhi kerumunan, memohon doa perlindungan dari wabah ini, khususnya kepada penerima manfaat yang akan melayani pasien terapis.

"Untuk para pekerja tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19," imbaunya.

Selain itu Bussiness Manager BNI Syariah Area Medan, Muhammad Ersyad Hilmi, juga memberikan motivasi kepada penerima manfaat agar menjadi masyarakat yang mandiri dan berdaya skill.

"Dan harapannya program ini dapat memberikan banyak manfaat kepada terapis dan masyarakat yang ingin hidup sehat," terangnya.

Sementara itu, salah satu penerima manfaat pekerja terapis yang merupakan alumni dari akademi terapi, Ibu Yanti (42) menuturkan bahwa dirinya merasa sangat terbantu atas bantuan kerjasama dari IZI dan YHT program Rumah Sehat Holistik ini.

"Saya selaku perwakilan teman-teman terapis sangat berterima kasih sekali sudah diberikan bantuan apalagi ditengah pandemic ini, yang serba sulit dalam mencari pekerjaan, tapi dengan adanya Rumah Sehat Holistik ini mudah- mudahan bisa memberikan manfaat yang banyak dan membantu masyarakat untuk hidup sehat sesuai ajaran Rasulullah," tuturnya.

Rangkaian acara launching ini ditutup dengan penyerahan Giant check sebagai tanda simbolis peresmian Rumah Sehat Holistik (RSH) serta penyaluran lima paket pendidikan SIGAP berupa alat tulis dan paket kuota internet kepada adik-adik yatim dan lima paket sembako untuk dhuafa binaan RSH IZI yang ikut hadir pada kegiatan hari ini..

Baca Juga

Rekomendasi