Akhyar-Salman Lahirkan Program Perempuan dan Balita

Akhyar-Salman Lahirkan Program Perempuan dan Balita
Pasangan Akhyar-Salman dalam debat Pilkada Medan 2020 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 1, Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi, tampil lugas dan tegas dalam memaparkan program khusus untuk perempuan dan anak.

Hal ini tampak ketika mereka menjawab pertanyaan panelis tentang program perempuan dan anak dalam hal pembuatan ruang asi serta hak cuti pekerja yang menyusui.

Akhyar menyampaikan program perempuan dan anak ini harus diberikan pelayanan maksimal, khususnya untuk menekan angka stunting dan tumbuh optimal balita.

"Perempuan hamil, dan setelah melahirkan akan diberikan asupan gizi serta disiapkan melalui posyandu di lingkungan masing-masing," kata Akhyar.

Dia juga mengungkapkan ruang-ruang menyusui akan disiapkan di tempat publik, di mulai dari di fasilitas pelayanan pemerintahan, kemudian di mall-mall. Pelayanan ini akan dihadirkan regulasinya, sehingga setiap tempat publik menyiapkan fasilitas nursery room.

Kemudian Salman menyampaikan, terkait cuti pekerja bagi ibu menyusui, juga akan dilahirkan regulasinya. Sehingga, hak bayi dalam tumbuh kembangnya bisa maksimal, kemudian ibu dari bayi juga bisa lebih nyaman dan bahagia mengurus tumbuh kembang bayinya.

Dia juga menambahkan, khusus di lembaga pemerintahan nantinya akan disiapkan bank asi bagi pegawai yang sedang menyusui sehingga sambil bekerja masih bisa memanfaatkan waktu senggang stok asi. Cara inilah agar perempuan dan bayi terpenuhi tumbuh kembangnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi