Dua Pustakawan Aceh Berprestasi Raih Hadiah Umrah

Dua Pustakawan Aceh Berprestasi Raih Hadiah Umrah
Juara I pemilihan Tenaga Perpustakaan SMK Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh, Yuyun Nalisma (SMKN 1 Meukek, Aceh Selatan) menerima hadiah umrah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Yuyun Nalisma, Pustakawan SMK Negeri 1 Meukek Aceh Selatan mendapat hadiah umrah dari Pemerintah Aceh setelah berhasil meraih juara pertama tenaga perpustakaan SMK Berprestasi Aceh Tahun 2020 yang diumumkan pada penutupan, Sabtu (21/11) malam di Hotel Madinatul Zahra, Lampeuneurut, Aceh Besar.

Juara selanjutnya untuk jenjang SMK adalah Juara II Masitah (SMKN 4 Bener Meriah) dan Juara III Nur Fatimah, (SMKN 1 Takengon).

Sedangkan untuk tenaga perpustakaan jenjang SMA berprestasi tingkat Provinsi Aceh, juara I diraih Siti Alpiyah (SMA Sukma Bangsa). Juara II Ernida Arita (SMA Labschool Unsyiah). Juara III Yuslinar, (SMAN 1 Bandar Baru)

Pemilihan tenaga Perpustakaan SMA dan SMK berprestasi Provinsi Aceh Tahun 2020 diselenggarakan Dinas Pendidikan Aceh melalui bidang pembinaan guru dan tenaga kependidikan, pada 19-22 November 2020 di Hotel Diana, Banda Aceh.

Salah seorang Dewan Juri, Yusrawati, mengatakan dalam pemilihan tenaga Perpustakaan SMA dan SMK berprestasi Provinsi Aceh Tahun 2020 sejumlah alumni Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry masih mendominasi sebagai peserta tingkat Provinsi Aceh setelah sebelumnya mampu meraih juara pertama di tingkat kabupaten/kota.

“Untuk peserta dari SMA sebanyak 17 orang dan dari SMK sebanyak 15 orang. Mereka masing-masing perwakilan kabupaten/kota setelah berhasil mendapat juara pertama,” kata Yusra, Minggu (22/11).

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan, merasa bangga dan mengapresiasi para alumni yang telah berhasil menjadi yang terbaik dan berhasil mengharumkan nama almamater.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dan tentunya berimbas positif terhadap prospek dan karier lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan.

Ia berharap melalui ajang ini, para alumni dan pengelola perpustakaan sekolah terus terpacu untuk terus berkarya dan meningkatkan kompetensi seperti yang diamanatkan dalam Permendiknas No 25 tahun 2008 tentang standar tenaga perpustakaan sekolah/madrasah sehingga memberikan pelayanan optimal dan berkualitas bagi komunitas sekolah khususnya dan masyarakat secara umum.

“Kompetisi ini diharapkan dapat memotivasi alumni Ilmu Perpustakaan dan Pustakawan Aceh untuk lebih bersemangat dalam bekerja dan berkarya. Tentunya percapaian ini akan meningkatkan citra profesi pustakawan dimasyarakat dan pengguna alumni yang dapat dibanggakan,” kata Nurhayati.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi