Focus Farm, Tempat Rekreasi Sambil Belajar Bisnis Pertanian

Focus Farm, Tempat Rekreasi Sambil Belajar Bisnis Pertanian
Focus Farm yang berada di Desa Jandi Meriah Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Suasana sejuk dengan pemandangan Gunung Sinabung, Focus Farm layak untuk dikunjungi. Selain berekreasi, kawasan daerah pertanian tanaman holtikultura ini bisa jadi objek edukasi dan pembelajaran tentang peluang-peluang untuk berbisnis pertanian.

Focus Farm yang memiliki lahan sekitar 20 hektare berada di Desa Jandi Meriah, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo ini mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman rekreasi yang menyenangkan, serta juga dapat dijadikan sebagai hubungan usaha investasi dalam bidang pertanian.

Pendiri Focus Farm, Muhammad Fauzi mengatakan, kawasan tanaman holtikultura yang sudah berjalan selama 10 bulan ini bertujuan untuk mendukung usaha pertanian di wilayah desa, yang nantinya dapat menciptakan peluang bisnis pertanian bagi pelaku usaha dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar di tengah masa pandemi Covid-19.

"Selain menguntungkan bagi petani, Focus Farm juga sangat bermanfaat bagi pengunjung, dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar di masa pandemi Covid-19," katanya, didampingi Damenta Sembiring, Jumat (27/11).

Menurut Fauzi, ada hal yang bisa dirasakan pengunjung saat berekreasi ke Focus Farm, pertama nilai wisata dan edukasi, yaitu berlibur sambil belajar di alam terbuka dengan latar pemandangan berbagai aktivitas petani yang sedang mencangkul, merawat, dan kegiatan panen ketika masa tiba.

"Produk komoditi tersebut nantinya bisa dijual dan ditawarkan kepada para wisatawan. Dengan begitu para wisatawan akan mendapatkan pengalaman baru dengan menanam, memetik, dan membawanya pulang," ucapnya.

Focus Farm memiliki petani yang banyak pengetahuan, dan didampingi dengan konsultan bidang pertanian yang dapat memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan kepada masyarakat tentang pertanian.

Dalam menghadapi situasi di tengah pandemi Covid-19, Fauzi menegaskan pertanian merupakan garda terdepan pencegahan penularan Covid-19, karena berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh.

"Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha pertanian, khususnya di bidang produksi on-farm seperti sayuran segar dan buah-buahan yang merupakan penyedia vitamin dan protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh," ujarnya.

Komoditas saat ini yang ditanam adalah komoditas hortikultura populer seperti tomat, bawang merah, dan cabai merah, serta menyusul nenas, jeruk, alpukat, sawi, terong, dan timun. Untuk komoditas tomat, masa panen paling lama 4 bulan, sedangkan bawang merah dan cabai merah sekitar 2 bulan 5 hari.

Masa tanam pertama atau gelombang pertama adalah di September 2020, dan akan panen di akhir 2020. Sedangkan untuk masa tanam kedua akan dilakukan pada bulan Maret 2021 mendatang.

"Jadi, bagi kalian yang suka sekali wisata maupun berbisnis di pertanian, bisa mampir ke Desa Jandi Meriah. Dijamin, kalian bisa mendapatkan banyak ilmu ketika berkunjung ke sini," tandas Fauzi.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi