BTKLPP Kelas I Medan Gelar Swab Tes Gratis di Tarutung

BTKLPP Kelas I Medan Gelar Swab Tes Gratis di Tarutung
Swab test gratis yang digelar BTKLPP Kelas I Medan di Tarutung (Analisadaily/Candra Sirait)

Analisadaily.com, Tarutung - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Tapanuli Utara menggelar swab tes gratis di Gedung Nasional Tarutung.

Kepala Isolasi Labotatorium Mikrologi BTKLPP Kelas I Medan, Mahyudi, mengatakan pelaksanaan swab tes gratis menggunakan polymerase chain reaction (PCR) ini telah dimulai sejak 27 November dan akan berakhir pada 3 Desember 2020.

"Kegiatan swab tes gratis ini dimulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB," kata Mahyudi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Taput, Alexander Gultom, Senin (30/11).

Menurutnya kegiatan ini merupakan program BTKLPP Kelas I Medan di kabupaten/kota se Sumut melalui kerja sama dengan dinkes setempat.

Pihaknya berharap agar masyarakat senantiasa memanfaatkan kesempatan untuk melakukan swab tes guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita mengimbau dan mengharapkan agar masyarakat melakukan swab tes," ajaknya.

Mahyudi mengungkapkan, sejak dibuka program swab tes gratis di Gedung Nasional Tarutung sampai saat ini, pihaknya sudah mengambil sampel swab terhadap 200 lebih sampel.

"Sedangkan target kita sampai 400 sampel dan kalau bisa lebih," tandasnya.

Sementara Kadis Kesehatan Taput, Alexander Gultom mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung program swab tes gratis yang dilaksanakan oleh BTKLPP Kelas I Medan.

"Untuk itu kita berharap masyarakat khususnya para petugas hotel dan rumah makan agar melakukan dan mengikuti swab tes gratis ini," imbaunya.

(CAN/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi