Kelompok Masyarakat yang Dapat Vaksin Covid-19

Kelompok Masyarakat yang Dapat Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tidak semua orang akan menjadi penerima vaksin Covid-19. Untuk masyarakat yang mendapat vaksin Covid-19 adalah kelompok prioritas.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Alwi Mujahit Hasibuan. Menurutnya, pemerintah memberlakukan beberapa persyaratan dalam vaksinasi. Terutama kepada warga yang berasal dari kalangan masyarakat produktif.

"Diantaranya adalah usia 18 sampai 59 tahun, tidak pernah terpapar Covid-19 (bukan penyintas), tidak memiliki komorbid dan pastinya tidak sedang sakit," ungkapnya, Senin (18/1).

Alwi menjelaskan, komorbid tersebut umumnya adalah jenis penyakit berat, seperti ginjal, hipertensi, jantung dan lainnya.

"Hanya saja, untuk penyakit Diabetes Melitus (DM) apabila terkontrol vaksinasi itu masih dapat diberikan," jelasnya.

Sementara itu untuk usia, Alwi menerangkan memang pada vaksin Sinovac, hanya dapat dilakukan pada batasan usia 59 tahun. Dia mengakui memang untuk vaksin Pfizer usia 60 tahun ke atas bisa dijangkaunya, namun sejauh ini di Indonesia vaksinnya belum tersedia.

"Jadi syaratnya itu sebetulnya tergantung dari jenis vaksinnya," terangnya.

Disinggung soal penyintas, Alwi menuturkan, memang sebetulnya mereka masih boleh menerima vaksin Covid-19. Hanya saja sejauh ini, pemerintah belum memprioritaskan mereka, sebab penyintas telah memiliki kekebalan walaupun sedikit.

"Karena yang mau dikejar kan yang belum ada kekebalan. Apa boleh (penyintas) divaksin ya boleh, tapi dia tidak prioritas. Artinya untuk yang gratis ini dia tidak dapat," terangnya.

Namun, bila mau melakukan vaksinasi Covid-19 secara mandiri, menurut Alwi sah-sah saja. Hanya saja, sejauh ini pemerintah belum menyediakannya.

"Tapi sekarang belum ada, mungkin kedepannya lah," tandas Alwi.

Pada termin pertama 40.000 vial vaksin Covid-19 sudah diterima Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Kemudian pada termin kedua 34.840 vial vaksin Covid-19 tiba di Medan pada Jumat (15/1).

Vaksin tersebut merupakan vaksin tambahan dari jumlah yang tiba lebih dulu di Medan. Sehingga total vaksin secara keseluruhan adalah 74.840 vial vaksin.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi