Nawal Berbagi Tips Sambut Ramadan

Nawal Berbagi Tips Sambut Ramadan
Nawal Lubis (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Menjelang Bulan Ramadan 1442 H, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis berbagi tips agar ibadah puasa lebih khidmat dan dapat menjaga kekebalan tubuh dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Nawal Lubis pada acara Workshop Virtual dengan seluruh Anggota DWP se-Sumut di kantornya Jalan Teuku Cik Ditiro Medan, Rabu (31/3).

Adapun beberapa tips tersebut, menurut Nawal, yakni pertama, berbahagia menyambut Ramadan. Dengan begitu, maka akan membuat rasa tidak terbebani dan pada akhirnya dapat dengan lancar menjalankan puasa.

“Perbanyaklah bersyukur dan memuji kebesaran Allah SWT, ini akan menambah kelapangan hati dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan,” ujarnya.

Kedua, cek dan persiapkan kondisi kesehatan sebelum menjalankan ibadah puasa. Karena ibadah puasa adalah ibadah fisik, jadi sebaiknya menjelang Ramadan dicek dulu kondisi kesehatannya. Ketiga, memastikan ketersediaan bahan pangan cukup di rumah selama Ramadan.

Keempat, lanjut Nawal, persiapkan kondisi rumah sehingga tidak menggangu ibadah selama Ramadan. Kelima, atur porsi makan untuk melatih lambung dan mengurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Keenam, olah raga rutin untuk membangun kekebalan tubuh.

Ketujuh, perbanyak berzikir dan membaca Alquran, dan kedelapan, persiapkan dana (finansial) karena setiap muslim dianjurkan perbanyak amal saleh seperti infak, sedekah, dan memberi bukaan (ifthar).

“Puasa Ramadan merupakan kewajiban dan perintah Allah SWT, namun jangan menganggap Ramadan sebagai kegiatan ritual semata. Sehingga kita mendapat makna dari puasa itu sendiri selain menahan rasa lapar dan haus semata,” terang Nawal, pada acara yang juga diikuti secara virtual oleh Ketua DWP Diskominfo Sumut Ny Irman Oemar dan Ketua DWP Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Ny Azhar Harahap.

Nawal juga mengajak anggota DWP agar dalam menjalankan ibadah puasa dengan dilandasi kebersihan hati, ketulusan dan optimis, agar mampu memberikan etos kerja yang lebih baik, serta bersemangat mengelola organisasi.

Ketua DWP Sumut, Linda Fauziah A Haris Lubis mengatakan, bertepatan dengan 17 Syaban 1442 H/2021 M, umat Islam berbahagia menyambut Bulan Ramadan sebagai bulan suci, meskipun kondisi Covid-19 masih belum berakhir.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi Pendidikan, Pemuda dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut Hasan Bakti Nasution. Menurutnya, puasa Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim, karena termasuk rukun Islam, sesuai hadis riwayat Bukhari-Muslim, yang artinya: “Islam ialah menyaksikan tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah Rasul Allah, mengerjakan salat, mengeluarkan zakat, puasa pada bulan Ramadan dan melaksanakan ibadah haji bagi yang berkemampuan”.

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran USU Prof Dina Keumala Sari juga menambahkan, dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan diutamakan mengonsumsi bahan makanan sumber karbohidrat komplek dan protein, karena saat puasa tubuh mengalami perubahan pola makan.

“Sehingga kita harus tetap menjaga asupan nutrisi apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” jelasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi