Lindungi Atletnya, Korea Utara Absen di Olimpiade Tokyo

Lindungi Atletnya, Korea Utara Absen di Olimpiade Tokyo
Cincin Olimpiade diterangi di depan Stadion Nasional di Tokyo, Jepang pada 22 Jan 2021. (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Analisadaily.com, Pyongyang - Kementerian Olahraga Korea Utara menyatakan, mereka tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo tahun ini untuk melindungi para atletnya di tengah pandemi virus Corona.

"Keputusan itu dibuat pada pertemuan komite Olimpiade Korea Utara pada 25 Maret termasuk menteri olahraganya, Kim Il Guk," kata kementerian itu di situs webnya, Joson Sports.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (6/4), panitia memutuskan untuk tidak mengikuti Olimpiade ke-32 dengan alasan melindungi atlet dari krisis kesehatan global yang disebabkan Covid-19.

Pertemuan itu juga membahas cara-cara mengembangkan teknologi olahraga profesional, memperoleh medali di kompetisi internasional, dan mempromosikan kegiatan olahraga publik selama lima tahun ke depan.

Pengumuman Pyongyang mengakhiri harapan Seoul untuk menggunakan Olimpiade Tokyo yang ditunda untuk memicu penyetelan ulang dalam proses pembicaraan yang menemui jalan buntu.

Partisipasi Korut yang terisolasi dan bersenjata nuklir dalam Olimpiade Musim Dingin terakhir, di Pyeongchang di Korea Selatan, adalah katalisator kunci dalam pemulihan hubungan diplomatik tahun 2018.

Adik pemimpin Kim Jong Un, Kim Yo Jong hadir sebagai utusannya, dalam sorotan publisitas, dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in memanfaatkan kesempatan untuk menengahi pembicaraan antara Pyongyang dan Washington yang mengarah pada serangkaian pertemuan penting antara Kim dan Presiden AS Donald Trump.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi