Jepang Mungkin Akan Prioritaskan Vaksin untuk Atlet Olimpiade

Jepang Mungkin Akan Prioritaskan Vaksin untuk Atlet Olimpiade
Pemandangan umum dari patung cincin Olimpiade, Jembatan Pelangi, dan Menara Tokyo dilihat dari Odaiba dalam persiapan untuk Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 yang akan dimulai pada Juli 2021. (Reuters/Yukihito Taguchi-USA TODAY Sports)

Analisadaily.com, Tokyo - Pemerintah Jepang sedang memikirkan untuk memprioritaskan vaksin Covid-19 untuk atlet yang mengikuti Olimpiade dan Paralimpiade, yang dimulai pada akhir Juli.

Upaya vaksinasi Jepang jauh di belakang sebagian besar negara ekonomi besar, dengan hanya satu vaksin yang disetujui dan sekitar 1 juta orang telah menerima dosis pertama sejak Februari, bahkan ketika negara itu berjuang dengan meningkatnya jumlah kasus baru. Vaksinasi untuk lansia akan dimulai minggu depan.

Menurut pejabat pemerintah yang dikutip oleh Kyodo pada Rabu (7/4), pemerintah telah mulai melihat kemungkinan untuk memastikan semua atlet Olimpiade dan Paralimpiade mendapatkan vaksinasi pada akhir Juni.

Laporan tersebut memicu kemarahan di media sosial, dengan banyak komentator mencatat, bahwa rencana awal pemerintah untuk vaksinasi memprioritaskan pekerja medis, orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kronis, dengan warga biasa yang tidak mungkin mendapatkannya sebelum musim panas.

"Ini benar-benar aneh. Mengingat kami tidak tahu apakah bahkan semua lansia akan menerima vaksin mereka pada pertengahan Juni, Anda akan meminta semua atlet mendapatkan vaksinnya?," kata komentator.

Meskipun sebagian besar orang Jepang ingin Olimpiade, yang sudah ditunda sekali, dibatalkan atau ditunda lagi, pemerintah mengatakan itu akan dilaksanakan sesuai rencana mulai 23 Juli.

"Mereka pasti benar-benar ingin Olimpiade dilangsungkan ke depan, jika mereka datang dengan rencana seperti ini," tulis komentator lainnya.

Tetapi yang lain memiliki masalah yang jauh lebih sederhana.

"Berikan dulu pada ibuku. Atlet semuanya muda dan sehat," tulis yang lain.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi