Gubsu Ajak Wartawan Sosialisasikan Larangan Mudik

Gubsu Ajak Wartawan Sosialisasikan Larangan Mudik
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam upaya menekan penyerbaran Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Edy Rahmayadi mengajak wartawan untuk turut serta melakukan sosialisasi terkait larangan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi saat bersilaturahmi dengan insan pers, yang bertugas di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Rabu (5/5), di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan.

“Bangsa ini tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Cita-cita kita adalah menyejahterahkan rakyat kita. Tidak bisa kita sukseskan pelarangan mudik ini bila kita tidak bersama menyebarkan informasi, saya butuh teman diskusi, karena ini tak bisa dikerjakan sendiri. Dan wartawan adalah petugas cipta kondisi yang sesungguhnya,” ujar Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengimbau agar masyarakat meningkatkan kedisiplinan terhadap Prokes dalam melakukan ibadah di bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, dengan berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Kepada jajaran Forkopimda Provinsi maupun kabupaten/kota, Gubernur juga mengimbau agar dapat memperketat mobilitas kendaraan umum dan pribadi di pintu masuk dan keluar antarprovinsi/kabupaten/kota, sesuai dengan Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Nomor 13 tahun 2021 tentang Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Pengendalian Covid-19 selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

“Bupati dan wali kota agar melaksanakan pengetatan dalam memberikan persyaratan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar kota, dan juga meningkatkan optimalisasi fungsi posko Covid-19 di daerah masing masing,” ujarnya.

Tidak hanya imbauan terkait menyambut Idul Fitri, Gubsu juga mengimbau agar Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang ada di Sumut untuk mempercepat realisasi rencana belanja daerah, serta mendorong pergerakan ekonomi melalui metode yang efektif dan fokus pada upaya menyejahterakan masyarakat.

Sebelumnya, Khairul Muslim, wartawan Harian Medan Pos yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, mengatakan, para wartawan siap mendukung dan melakukan sosialisasi tentang apa yang disampaikan oleh Gubernur Sumut.

“Kami kawan bapak yang siap menyukseskan program kerja, melakukan sosialisasi Prokes ke masyarakat. Kami menunggu arahan selanjutnya dari bapak, untuk kemudian nantinya menyampaikan imbauan tersebut pada masyarakat,” ucapnya.

Kepala Dinas Kominfo Sumut, Irman Oemar menambahkan, bila terjadi sinergisitas yang baik antara Pemprov Sumut dengan wartawan akan mempercepat terwujudnya Sumut Bermartabat.

“Kita tingkatkan sinergisitas, agar Sumut Bermartabat segera kita wujudkan. Mudah-mudahan pertemuan ini sebagai salah satu upaya kita untuk mewujudkan itu,” ujarnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi