Lansia Diprioritaskan Mendapat Vaksin Covid-19

Lansia Diprioritaskan Mendapat Vaksin Covid-19
Ketua Lansia Kecamatan Kisaran Barat dan Kisaran Timur Hadi Ismanto menyaksikan seorang lansia divaksin Covid-19 dan disaksikan Ka.Puskesmas Gambir Baru. (Analisadaily/Awaluddin)

Analisadaily.com, Kisaran - Saat ini di Kabupaten Asahan kelompok Lanjut Usia (Lansia) mendapat prioritas pemberian vaksin, sehingga beberapa puskesmas melaksanakan pemberian vaksin termasuk Puskesmas Gambir Baru Kecamatan Kisaran Timur.

"Tahap pertama sebanyak 40 orang sudah divaksinasi dan hari ini ada 60 orang Lansia yang divaksin," kata Kepala Puskesmas Gambir Baru, dr Riana Minerva Br Sibarani, Kamis (6/5).

Kata dia, Lansia yang di vaksin berusia 60 tahun ke atas.

"Tentunya sebelum divaksin, akan terlebih dahulu dilakukan screening dan pemeriksaan guna mengetahui riwayat sakit yang diidap para Lansia," tuturnya.

Dia lanjut menjelaskan, jika calon penerima vaksin memiliki riwayat sakit diabetes melitus, hipertensi atau yang lainnya bila masih diambang toleransi maka diperbolehkan. Jika tidak, maka tidak diperbolehkan.

Selain itu, bagi Lansia yang telah divaksin tahap I, untuk tahap II nya berjarak 28 hari beda dengan bukan lansia.

"Untuk tahap II, jaraknya 28 hari," kata dia.

Ketua Lansia Kisaran Barat dan Kisaran Timur Hadi Ismanto, di dampingi Phendi Tanata, Yosef, Ompong dan Muhammad Ginting selaku Korlap menyambut baik kegiatan.

"Kita mengucapkan terimakasih karena pemerintah telah bersedia memfasilitasi kami yang lansia ini divaksin Covid-19," katanya.

(ALN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi