Dukung Pemulihan Ekonomi Sektor Perkebunan Sawit

Asian Agri Laksanakan Vaksinasi Gotong Royong

Asian Agri Laksanakan Vaksinasi Gotong Royong
Salah seorang manajemen Asian Agri, Hadi Susanto, menyaksikan seorang karyawan mendapatkan suntikan pertama vaksinasi Covid-19 mandiri atau Vaksinasi Gotong Royong di Kantor Asian Agri, Kamis (3/6) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sebagai upaya mendukung tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) serta mendorong pemulihan ekonomi di sektor perkebunan kelapa sawit, Asian Agri yang merupakan grup Royal Golden Eagle Indonesia (RGE) menyelenggarakan vaksinasi Gotong Royong kepada seluruh karyawannya yang tersebar di beberapa wilayah di Sumatera.

Dalam siaran pers yang diterima Analisadaily.com, Kamis (3/6), Direktur Sustainability and Stakeholder Relations, Bernard Riedo, menyampaikan vaksinasi ini merupakan kontribusi pihaknya dalam menyukseskan program vaksinasi nasional sebagai agenda prioritas pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

"Vaksinasi ini merupakan upaya perusahaan dalam memberikan perlindungan bagi seluruh karyawan yang tersebar di seluruh wilayah operasional agar dapat terus berkontribusi di era new normal ini. Kami ingin seluruh karyawan merasa aman dan nyaman dalam bekerja karena bagi kami keselamatan karyawan adalah prioritas utama," kata Bernard.

"Kami yakin kontribusi kami akan dapat membantu pemerintah dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, khususnya di industri perkebunan kelapa sawit," sebutnya.

Pemberian vaksin Covid-19 ini serentak dilakukan di seluruh wilayah operasional Asian Agri, yaitu Sumatera Utara, Riau dan Jambi.

RGE yang merupakan kelompok perusahaan manufaktur berbasis sumber daya alam ini mengalokasikan 43.474 dosis vaksin Covid-19 Sinopharm yang akan diberikan kepada seluruh karyawan Grup RGE yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia secara bertahap, termasuk di dalamnya Asian Agri. Pada tahap pertama, sebanyak 6.000 dosis akan diberikan kepada karyawan grup RGE yang distribusinya dimulai pada akhir Mei lalu.

Apresiasi Kadin

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Shinta W. Kamdani, mengapresiasi langkah cepat Asian Agri dalam pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong dan berharap lebih banyak lagi perusahaan yang mendaftarkan karyawannya untuk vaksinasi demi segera tercapainya kekebalan komunitas.

"Kami berharap sinergi antara pemerintah dan swasta dalam menyukseskan pelaksanaan vaksin nasional dapat berkontribusi positif untuk sektor kesehatan dan ekonomi, tidak hanya untuk melindungi kesehatan pekerja namun juga mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan, vaksinasi Gotong Royong untuk pekerja yang diinisiasi Kadin merupakan bentuk kerja sama antara swasta dan pemerintah dalam mencapai kekebalan komunal sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

"Kami harap semuanya terlindungi dari penyebaran Covid-19. Kami juga harap kawasan produksi, industri, pabrik, dan perusahaan akan bisa bekerja lebih produktif serta tidak terjadi penyebaran Covid-19," ujarnya.

Sebelumnya, Kadin menyebut sebanyak 22.736 perusahaan dan 10 juta pekerja telah mendaftarkan diri dalam program Vaksinasi Gotong Royong dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah.

(GAS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi