Gotong Royong untuk Mencegah Covid-19

Gotong Royong untuk Mencegah Covid-19
Warga Kampung Masjid, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang rutin melakukan gotong royong di masa pandemi Covid-19, Sabtu (3/7). (Analisadaily/Dede Harison)

Analisadaily.com, Kuala Simpang - Budaya gotong royong masih tersisa di kabupaten berjuluk "Bumi Muda Sedia". Salah satunya di Kampung Masjid, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang yang berpenduduk sekitar 450 kepala keluarga atau lebih dari 1.000 jiwa

"Gotong royong ini salah satunya untuk menjaga kebersihan umum sekaligus sosialisasi pencegahan Covid-19," kata Datok Penghulu (Lurah) Kampung Masjid, Syaiful Sahputra di Aceh Tamiang, Sabtu (3/7).

Dikatakan, gotong royong di Kampung Masjid Sungai Iyu sudah turun temurun, menyasar tempat-tempat umum seperti parit selokan, jalan, fasilitas umum dan perkarangan rumah masing-masing meliputi empat dusun.

"Sejak saya dilantik sebagai datok pada 30 April 2020 gotong royong ini rutin saya teruskan setiap seminggu sekali," katanya.

Ia berujar gotong royong di kampungnya itu dinamakan gerakan kampung bersih (GKB) yang diketuai Kepala Mukim dengan melibatkan Babinsa (Koramil) dan Bhabinkamtibmas (Polsek) pembina desa.

"Kami juga memasang spanduk himbauan gerakan masyarakat dengan gambar Pak Presiden Jokowi bertuliskan "jangan kendor COVID-19 masih ada jalankan protokol kesehatan 5M". Serta spanduk program kampung gratis administrasi," kata dia.

(DHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi