Panpel Laporkan Kasus Covid-19 Pertama di Kampung Atlet Olimpiade

Panpel Laporkan Kasus Covid-19 Pertama di Kampung Atlet Olimpiade
Seorang warga berunjuk rasa menolak kunjungan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach ke Hiroshima di Tokyo, Jepang, Jumat (16/7/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Analisadaily.com, Tokyo - Panitia Penyelenggaraan (Panpel) pada Sabtu (17/7) melaporkan temuan 1 kasus Covid-19 pertama di dalam Kampung Atlet Olimpiade Tokyo, 6 hari sebelum upacara pembukaan dimulai pada 23 Juli 2021.

"Ada satu orang (positif Covid-19) di Kampung Atlet. Itu adalah kasus pertama di sana yang dilaporkan selama tes skrining," kata juru bicara panitia penyelenggara Tokyo, Masa Takaya, dalam konferensi pers, seperti dikutip AFP, dilansir dari Antara.

Orang tersebut, yang identitasnya tidak mau disebutkan, telah dipindahkan dari Kampung Atlet, yang menjadi tempat ribuan atlet dan ofisial akan tinggal selama Olimpiade.

"Saat ini orang ini dikarantina di hotel," kata Takaya.

Ketua Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, Seiko Hashimoto mengatakan, pihaknya akan berupaya keras mencegah risiko penularan virus selama Olimpiade berlangsung pada 23 Juli- 8 Agustus.

"Kami melakukan segalanya untuk mencegah penularan Covid-19. Jika itu terjadi, kami akan memastikan kami sudah mempunyai rencana untuk mitigasi," katanya.

Pada Olimpiade yang telah ditunda 1 tahun karena pandemi, penyelenggara menerapkan langkah ketat untuk menghindari infeksi virus corona di Kampung Atlet.

Seperti, seluruh kontingen diwajibkan melakukan tes saliva setiap hari, membatasi interaksi dengan atlet dari negara lain, serta tidak makan di tempat umum dan latihan di tempat latihan selama 3 hari pertama.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi