Tim Softball Wanita Jepang Awali Olimpiade dengan Kemenangan

Tim Softball Wanita Jepang Awali Olimpiade dengan Kemenangan
Pemain Jepang merayakan skor lari oleh Minori Naito selama pertandingan softball antara Jepang dan Australia di Olimpiade Musim Panas 2020 pada 21 Juli 2021, di Fukushima, Jepang. (AP/Jae C Hong)

Analisadaily.com, Tokyo - Tim softball wanita Jepang mengawali Olimpiade Tokyo 2020 dengan kemenangan pada Rabu (21/7).

Penyelengara Olimpiade dan ofisial Jepang telah maju dengan tontonan olahraga meskipun ada tentangan di negara itu untuk menampung lebih dari 11.000 atlet, staf, dan media.

Tetapi penonton dilarang dan pembatasan diberlakukan di kota tuan rumah Tokyo dalam upaya meminimalkan risiko kesehatan dan menahan jumlah infeksi yang meningkat.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, Olimpiade harus dilanjutkan untuk menunjukkan kepada dunia apa yang dapat dicapai dengan rencana dan tindakan yang tepat.

"Semoga sinar harapan dari negeri ini menerangi fajar baru untuk dunia yang lebih sehat, lebih aman, dan lebih adil. Ini adalah harapan tulus saya agar Olimpiade Tokyo berhasil," kata Tedros, sambil mengangkat obor Olimpiade saat berbicara kepada anggota Komite Olimpiade Internasional.

Tetapi Tedros memperingatkan dunia berada pada tahap awal gelombang infeksi lain dan mengkritik perbedaan vaksin antar negara.

"Pandemi akan berakhir ketika dunia memilih untuk mengakhirinya. Itu ada di tangan kita. Kami memiliki semua alat yang kami butuhkan. Kami dapat mencegah penyakit ini, kami dapat mengujinya dan kami dapat mengobatinya," tuturnya.

Jepang, dengan sekitar 34 persen populasi yang memiliki setidaknya satu dosis vaksin, khawatir Olimpiade bisa menjadi acara penyebar super.

Dalam jajak pendapat baru-baru ini di surat kabar Asahi, 68 persen responden menyatakan keraguan tentang kemampuan penyelenggara Olimpiade mengendalikan infeksi virus Corona. Sebanyak 55 persen mengatakan mereka menentang Olimpiade yang akan terus berlanjut.

Media domestik Jepang melaporkan, penasihat pemerintah Shigeru Omi mengatakan, infeksi Covid-19 harian Tokyo dapat melonjak ke level rekor 3.000 pada minggu pertama Agustus.

Itu akan menyebabkan risiko tekanan yang sangat tinggi pada sistem medis yang sudah diregangkan.

Menggarisbawahi pengurangan Olimpiade karena pandemi, Perdana Menteri Yoshihide Suga hanya akan bertemu dengan kurang dari 20 pemimpin negara di sela-sela Olimpiade, turun dari sebanyak 120 yang dijadwalkan semula, harian Mainichi Shimbun melaporkan.

Pertandingan softball antara penantang medali emas Jepang dan Australia diadakan di tengah jangkrik berdengung dan tepuk tangan sopan dari beberapa ratus staf saat trio homer dua kali berlari membersihkan pagar setelah penonton dilarang di stadion.

Permainan berakhir setelah lima babak karena aturan belas kasihan.

Pemain yang berdiri di sepanjang bangku di bawah terik matahari, 30 derajat Celcius pada pertengahan pertandingan, berteriak pada para pemukul sepanjang pagi, memberikan permainan nuansa Liga Kecil.

Pertandingan itu digelar di Fukushima, kawasan yang dilanda krisis nuklir terparah sejak Chernobyl, yang dipicu gempa dan tsunami 2011.

Dua pertandingan softball lagi serta enam pertandingan sepak bola wanita pertama dijadwalkan Rabu nanti. Upacara pembukaannya hari Jumat (23/7).

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi