Gunung Sinabung Semburkan Awan Panas Sejauh 1.000 Meter

Gunung Sinabung Semburkan Awan Panas Sejauh 1.000 Meter
Gunung Sinabung terlihat dari pos pengamat Gunungapi Sinabung di Ndokum Seroga, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (28/7). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara menyeburkan debu vulkanik pada Rabu (28/7) pukul 13:20 WIB. Tinggi kolom debu teramati 4.500 meter dan erupsi diikuti awan panas sejauh 1.000 meter.

Kolom abu teramati berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 12 menit 22 detik.

“Erupsi di ikuti awan panas ke arah timur 1000 meter dan 1000 ke arah tenggara," kata Petugas pengamat Pos Gunungapi Sinabung, Armen Putra.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga), masyarakat dan wisatawan dihimbau tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak gunung, radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Bagi masyarakat bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. Kota Berastagi diguyur debu vulkanik, akibatnya jarak pandang terganggu.

“Jarak pandang terganggu sebab, debu cukup tebal mengguyur," kata Mahyudin (54) warga Berastagi.

Meski begitu, aktivitas masyarakat tetap berjalan.

(DIK/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi