Dosen UMSU Kolaborasi Kegiatan Membatik di Pakpak Bharat

Dosen UMSU Kolaborasi Kegiatan Membatik di Pakpak Bharat
Pengabdian masyarakat Dosen UMSU kolaborasi kegiatan membatik di Pakpak Bharat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pakpak Bharat - Sebagai upaya mendukung pengabdian masyarakat, Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Pakpak Bharat, beserta camat dan bupati memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap pelaksanaan membatik sebagai bagian dari budaya kearifan lokal.

“Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 26-30 Juli 2021 di Pakpak Bharat. Setibanya di Pakpak Bharat kami sangat terkejut atas sambutan yang meriah serta tempat yang telah dipersiapkan oleh masyarakat setempat,” kata Dosen UMSU, Rimbawati, Jumat (6/8).

Kegiatan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat di Desa Perjaga yang dilaksanakan dengan tema “Pemberdayaan Kelompok Pembatik Sebagai Upaya Pengembangan Kearifan Lokal di Desa Perjaga Pakpak Bharat” yang diketuai Marah Doly Nasution, Ismail Hanif Batubara, dan Zulkifli Siregar.

Sedangkan Kegiatan membatik di Desa Maholida dilaksanakan dengan judul “Pelatihan Batik Gambir Sebagai Upaya Pengembangan Kearifan Lokal di Desa Maholida Pakpak Bharat” yang diketuai oleh Rahmad Bahagia Siregar, Zulkifli Siregar, dan Rimbawati.

“Masyarakat setempat cukup puas dan senang atas kegiatan membatik tersebut, dengan memanfaatkan gambir sebagai tinta untuk membatik,” ucapnya.

Darliati ujung selaku camat setempat mengatakan, semoga dengan adanya pelatihan ini seluruh peserta yang hadir ke depan bisa saling koordinasi dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarkat yang lebih baik lagi.

“Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak atas partisipasinya yang sangat besar, dan telah mendukung terlaksananya acara ini, serta mendukung pelaksanaan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab,” kata Darliati Ujung.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi