India Cetak Sejarah di Olimpiade Tokyo

India Cetak Sejarah di Olimpiade Tokyo
Atlet lempar lembing India, Neeraj Chopra (Reuters)

Analisadaily.com, Tokyo - Atlet lempar lembing India berhasil menorehkan sejarah dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020.

Adalah Neeraj Chopra yang berhasil menorehkan tinta emas dalam sejarah negaranya pada pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Chopra sukses menyabet medali emas dari cabang atletik nomor lempar lembing putra setelah mencatat lemparan sejauh 87,58 meter. Dia mengalahkan dua atlet asal Republik Ceko, Jakub Vadlejch (86,67 m) dan Vitezslav Vesely (85,44 m) yang meraih medali perak dan perunggu.

Ini merupakan medali emas pertama yang diraih atlet asal India dari cabang atletik.

Sebelumnya, India sudah meraih sembilan medali emas sepanjang keikutsertaannya di Olimpiade. Namun delapan medali emas tersebut diraih dari cabang andalannya, hoki lapangan. Sementara satu emas lainnya diraih Abhinav Bindra dari cabang menembak di Olimpiade Beijing 2008.

"Rasanya luar biasa," kata Chopra, dilansir dari Al Jazeera, Minggu (8/8).

Atlet berusia 23 tahun itu merebut emas atletik dengan lemparan kedua sejauh 87,58 meter.

Keberhasilan ini mengakhiri penantian 121 tahun India untuk meraih medali emas dari cabang atletik. Prestasi terbaik sebelumnya adalah dua medali perak yang diraih pada Olimpiade Paris 1900.

"Ini adalah medali Olimpiade pertama kami untuk waktu yang sangat lama dalam atletik. Ini adalah pertama kalinya kami memiliki emas, jadi ini adalah momen yang membanggakan bagi saya dan negara saya," sambung atlet berusia 23 tahun itu.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi