PON XX/2021

Sumut Tambah Satu Emas dan Satu Perak

Sumut Tambah Satu Emas dan Satu Perak
Abdul Hafiz memperlihatkan medali emas yang ia raih dari nomor lempar lembing (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Mimika - Kontingen Sumatera Utara menambah satu emas dan satu perak pada hari pertama perlomaan cabang atletik Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Atletik Mimika, Selasa (5/10). Medali emas disumbangkan Abdul Hafiz dari nomor lempar lembing, sementara perak dipersembahkan Syafwan Hafizah nomor lompat jauh putra.

Abdul Hafiz meraih emas setelah mencatatkan lemparan sejauh 71,03 meter. Lemparan atlet asal Binjai ini sekaligus memecahkan rekor PON atas nama Agustinus Mahuse (68.81 m). Agustinus sendiri pada lomba ini harus puas meraih perak dengan lemparan 64.58, sementara perunggu Egi Patil Pranata dari Bengkulu 63.22m.

Sementara Syafwan mendapat perak lompat jauh setelah melakukan lompatan sejauh 7.34 m. Medali emas nomor ini diraih Safwaturrahman (NTB) 7.58m, dan perunggu untuk Suwandi Wijaya (Babel) 7.31m.

Sayangnya prestasi Hafiz dan Syafwan gagal diikuti Pretty Sihite yang turun di nomor lari 5.000m putri, Meski telah berupaya sekuat tenaga, pelarih asal Sibolga ini finis di urutan keempat. Demikian pula halnya Khairuddin Syahputra. Ia menduduki peringkat keempat nomor lari gawang 110m putra.

Pelatih Atletik Sumut Joseph Lummy bersyukur dengan capaian anak didiknya M Hafiz. “Prestasi Hafiz cukup membanggakan. Terakhir saat SEA Games Philipina 2019 (mendapat medali perak), lemparannya 71.00m. Namun di PON Papua lemparannya 71.03m. Lemparannya ini tidak saja memecahkan rekor pribadi tapi juga rekor PON,” ujarnya.

“Mulai kesempatan pertama hingga kelima, lemparan Hafiz di kisaran 67-an meter. Baru di lemparan keenam ia melakukan lemparan 71.03,” tambahnya.

Ditanya tentang startegi yang diberikannya, Joseph menyebutkan dirinya memang memotivasi Hafiz untuk membuktikan bahwa ialah yang terbaik di tanah air saat ini.

“Kita bersyukur atas raihan pada hari pertama cabang atletik ini. Semoga saja ini merupakan awal yang baik,” tambah Pelatih Sinung Nugroho.

Sekretaris Pengprov PASI Sumut, Suharjo MPd ketika dihubungi juga mengaku senang. Dengan raihan, dia yakin target dua medali emas pada PON kali ini, bakal tercapai.

"Alhamdullilah, kita meraih satu emas dan satu perak pada hari pertama. Ini merupakan awal yang bagus. Kita yakin target dua emas bisa dilampui," ujarnya.

(MP/JG)

Baca Juga

Rekomendasi