Gerpala Santuni Anak Yatim dan Guru Ngaji

Gerpala Santuni Anak Yatim dan Guru Ngaji
Sekcam Pantai Labu, Fikri Hanafi Lubis (kedua kiri) bersama Inisiator Gerpala Bersedekah, Amirul Khair, menyalurkan santunan untuk anak yatim menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pantai Labu - Menyambut dan memaknai datangnya Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, Komunitas kreatif Gerakan Pantai Labu (Gerpala) Bersedekah menyantuni anak yatim dan guru mengaji serta menyalurkan mushaf Al Quran dan kitab Iqro di Masjid Ibadur Rahman, Dusun I, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (10/8).

Inisiator Gerpala Bersedekah, Amirul Khair, mengatakan program penyantunan anak yatim sudah masuk tahun kedua sejak dicanangkan.

Sedangkan penyaluran mushaf Alquran merupakan dukungan terhadap program “Gerakan Infak Alquran” yang diinisiasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Pantai Labu untuk mendukung program “Membumikan Alquran” dalam memberantas buta aksara Al Quran.

“Namun penyantunan hari ini sangat istimewa karena tepat 1 Muharam 1443 Hijriah yang merupakan hari besar umat Islam yang memasuki tahun baru,” ucapnya.

Amirul Khair juga menjelaskan, Gerpala Bersedekah dalam kurun waktu sebulan ke depan selama bulan Muharam akan menyantuni 100 anak yatim secara bertahap. Hal ini dalam upaya menyiasati agar tidak terjadi kerumunan mengingat situasi saat ini masih dalam pandemi covid-19.

“Kita lakukan secara bertahap dengan berpindah dari satu desa ke desa lain agar tidak menimbulkan kerumunan,” terang Amirul Khair yang juga Ketua LPTQ Pntai Labu.

Kepada seluruh pihak yang mendukung dan telah menyisihkan rejekinya, Amirul Khair mengapresiasi dan mendoakan agar sedekah tersebut menjadi pahala dan amal jariah bagi para dermawan dan pihak yang mendukung.

Kegiatan lanjutan akan kembali dilaksanakan bertepatan dengan Hari Jadi ke-76 RI pada 17 Agustus mendatang mengusung tema “Rayakan Merdekamu dengan Bersedekah” seraya mengajak berbagai pihak untuk bisa berpartisipasi dalam lanjutan Gerakan Pantai Labu Bersedekah tersebut.

Sementara Sekretaris Camat Pantai Labu Fikri Hanafi Lubis mengatakan, kegiatan bersedekah yang diinisiasi Gerpala Bersedekah sangat positif untuk mEmbangun kepedulian terhadap sesama terlebih dAlam situasi pandemi saat ini.

“Ini sangat baik. Bukan saja sebagai amal ibadah, tapi efeknya sangat membantu sesama untuk tetap peduli dalam situasi pelik sekali pun seperti kita alami saaat ini akibat pandemi," ujarnya.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang dengan visi pembangunannya menjadikan Deliserdang yang maju, sejahtera dengan masyarakatnya yang religius serta rukun dalam kebinekaan sangat berharap dukungan dari elemen masyarakat.

Kegiatan sosial seperti ini merupakan bagian dari penerjemahan terhadap visi pembangunan di Kabupaten Deli Serdang sehingga sangat layak kami apresiasi dan mendorong elemen masyarakat lainnya untuk melakukan gerakan serupa yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Atas nama pemerintah dan mewakili Bapak Camat Pantai Labu, saya mengucapkan terima kasih,” tandasnya.

(AK/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi