Polri Tegaskan Siap Mendukung Penyelenggaraan Liga 1

Polri Tegaskan Siap Mendukung Penyelenggaraan Liga 1
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Polri Argo Yuwono (Antara)

Analisadaily.com, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dengan tegas mendukung pelaksanaan kompetisi Liga 1 musim 2021-2022. Namun dalam pemberian izin tetap masih melihat situasi pandemi Covid-19.

"Kami mendukung daripada Liga 1 dan Liga 2," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono, dilansir dari Antara, Sabtu (21/8).

Argo menjelaskan, terkait izin Liga 1 dan Liga 2, Polri sudah pernah menerima permohonan izin dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk melaksanakan pertandingan.

Tentunya, kata Argo, izin tersebut masih berproses. Polri melihat situasi pandemi Covid-19, terlebih beberapa daerah tengah diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

"Tentunya kami akan melihat dari Instruksi Menteri Dalam Negeri aturan perizinan seperti apa, nanti kami lihat level 4 ini apakah ada klausul dari kegiatan liga," sebut Argo.

Selain itu, lanjut Argo, dalam penerbitan izin keramaian, Polri juga akan meminta surat dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku satgas penanganan Covid-19.

"Semuanya nanti pada prinsipnya polisi tidak akan mempersulit, polisi misalnya sudah ada rekomendasi dan kesepakatan semuanya, tidak masalah. Tunggu saja, kan berlangsungnya liga akhir Agustus sampai tahun depan," ujar Argo.

Argo menambahkan, jika semua persyaratan sudah terpenuhi, tidak ada persoalan izin untuk diterbitkan.

"Kalau semua yang syarat-syarat kami dilengkapi, Polri tidak masalah, dan mendukung kegiatan sepak bola," sebutnya.

Sebelumnya, kabar mengenai izin Liga 1 ini sempat viral setelah Divisi Humas menghapus unggahan terkait penerbitan izin kejuaraan sepakbola tersebut.

BRI Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan digelar mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Formatnya tidak berubah dari rencana semula digelar dalam enam seri, dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa. Semua pertandingan nantinya berlangsung tanpa penonton di stadion.

Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB akan menggulirkan Liga 2, namun waktu pelaksanaan dan teknis penyelenggaraan baru dipastikan kemudian.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi