Masalah Beasiswa Aceh Masuk Tahap Pemeriksaan

Masalah Beasiswa Aceh Masuk Tahap Pemeriksaan
Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Ombudsman Perwakilan Aceh, menjelaskan laporan terkait proses seleksi dan pengumuman penerima beasiswa Pemerintah Aceh 2021 yang dinilai tidak transparan, saat ini sedang dalam proses.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husin mengatakan, mereka saat ini sedang memproses laporan itu. Kata dia, permasalahan seleksi beasiswa ini sudah menjadi isu nasional, bukan saja di tingkat daerah.

"Perlu kami sampaikan, laporan terkait beasiswa yang disalurkan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh saat ini sedang kita proses di tahap pemeriksaan. Kami sudah lakukan verifikasi formil dan materiil terhadap semua laporan yang masuk terkait Beasiswa ini," kata dia, Senin (6/9).

"Ombudsman Aceh akan melakukan investigasi lapangan dan klarifikasi langsung terkait hal tersebut. Investigasi dipimpin oleh Ilyas Isti dan Nurul Nabila beserta tim Asisten Ombudsman Aceh lainnya," ujarnya.

Dia mengharapkan agar publik tetap tenang dan bersabar.

"Percayakan pada kami. Kami akan investigasi secara cermat dan hati-hati," terangnya.

Pihaknya tetap akan memproses masalah ini secara objektif dan independen. Ia berharap pihak BPSDM Aceh selaku Terlapor agar nantinya kooperatif dalam proses pemeriksaan oleh timnya.

Berdasarkan data Ombudsman, laporan masalah pendidikan saat ini melonjak drastis. Yaitu berada pada posisi nomor empat. Padahal sebelumnya pada semester pertama masalah pendidikan berada pada urutan ke delapan.

"Ya kami berharap kepada publik agar mendukung upaya yang sedang kita lakukan, dan kami juga memohon agar para pelapor tetap bersabar dalam proses ini. Intinya semua laporan masuk akan kita proses," tambahnya.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi