Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit Digelar di Medan, Sekaligus Pengenalan Jaringan 5G

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit Digelar di Medan, Sekaligus Pengenalan Jaringan 5G
Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB) digelar di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), sekaligus pengenalan jaringan 5G (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dua acara penting digelar XL Axiata di Medan, yaitu Program Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB) dan pengenalan sekaligus sosialisasi ketersediaan jaringan 5G.

Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan selama 2 bulan di RSUP H Adam Malik dan di sejumlah kecamatan. Sementara pengenalan 5G berlangsung di XL Center Diponegoro.

SVIB ini dilaksanakan guna mendukung pemerintah dalam percepatan dan pemerataan vaksinasi Covid-19. Setelah sebelumnya selama sekitar empat bulan berlangsung di RSUI Depok Jawa Barat, kini digelar di Medan.

Program ini akan dilaksanakan selama 2 bulan mulai tanggal 8 September hingga 3 November 2021 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik. SVIB mendapat dukungan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan), RSUP H Adam Malik, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) dan didukung oleh mitra lainnya.

Pembukaan acara SVIB dibuka langsung oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, di kantor Kecamatan Medan Selayang, Rabu (8/9). Hadir dalam acara ini Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dan Direktur Umum RSUP H Adam Malik, dr. Zainal Safri, SpPD-KKV, SpJP(K).

I Gede Darmayusa mengatakan, penyelenggaraan program ini merupakan wujud komitmen kami selaku pelaku bisnis untuk mendukung pemerintah dalam mendorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Indonesia.

“Kami bekerja sama dan bergotong royong menyukseskan program ini, agar pandemi Covid-19 bisa lebih cepat teratasi, terutama di wilayah Sumatera. Kami sangat menyadari penyelesaian persoalan Covid-19 ini tidak bisa dilakukan sendirian, namun harus dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan semangat kolaboratif,” ucapnya.

Pelaksanaan SVIB dilaksanakan di Gedung Paviliun RSUP H Adam Malik dan beberapa kecamatan sesuai dengan arahan dari Walikota Medan. Beberapa kecamatan tersebut antara lain Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Johor, dan Medan Tembung.

Dalam sehari, sentra vaksinasi di RSUP H Adam Malik ini akan mampu melakukan penyuntikan hingga 500 orang per hari, sedangkan penyuntikan di kecamatan dipersiapkan untuk 200 orang per hari.

Pengenalan Jaringan 5G di Medan

XL Axiata terus memperluas jaringan 5G di Indonesia. Setelah hadir di beberapa kota di Jawa, kini menggelar pengenalan ketersediaan jaringan 5G di Medan.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mencoba langsung demo kecanggihan layanan 5G di XL Center Diponegoro, Medan. Di acara pengenalan jaringan 5G di Medan ini, juga dilakukan komunikasi bersama menggunakan fasilitas video conference di jaringan 5G dengan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini serta perwakilan Kementerian Kesehatan yang berada di Jakarta.

Turut mendampingi di acara ini, antara lain Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia. Program ini merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

I Gede Darmayusa menyampaikan, demo layanan 5G di Medan diselenggarakan dalam rangka sosialisasi jaringan dan layanan 5G kepada masyarakat Medan pada khususnya dan bahkan Sumatera Utara. Hal ini sekaligus sebagai salah satu tahapan dari persiapan XL Axiata untuk menggelar layanan 5G secara komersial dan massif nantinya.

Selanjutnya, setelah Medan, Banjarmasin dan Makassar, XL Axiata akan terus memperluas sosialisasi ke kota-kota lain secara bertahap sehingga layanan 5G XL Axiata bisa dinikmati di lebih banyak lokasi di Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) menyatakan XL Axiata lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi