Kedepankan Prokes Covid-19, Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan PTM

Kedepankan Prokes Covid-19, Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan PTM
Bupati Asahan, Surya, meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka di SD 014646 Air Teluk Kiri, Kecamatan Teluk Dalam (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Teluk Dalam - Bupati Asahan, Surya, didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Sofian, meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SD 014646 Air Teluk Kiri, Kecamatan Teluk Dalam dan SMP I Pulo Rakyat, Selasa (14/9).

Dalam tinjauannya Surya memastikan proses belajar mengajar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Selain itu dia juga melakukan pengecekan kelengkapan prokes dan berinteraksi dengan sejumlah siswa yang hadir.

"Kita meninjau pelaksanaan belajar tatap muka terbatas pada hari ini untuk memastikan pelaksanaan PTM berjalan dengan baik dan tetap memperhatikan prokes secara ketat," ungkap Surya.

Surya juga menyampaikan proses pembelajaran tatap muka berjalan dengan baik serta tidak memicu terjadinya kerumunan karena jumlah siswa harus terbatas.

"Peninjauan ini untuk memastikan apakah pelaksanaan PTM berjalan dengan baik, termasuk dengan sarana dan prasarana utamanya kelengkapan prokes yang memadai dan tidak terjadi kerumunan diantara para siswa," ujar Surya.

Dia juga menyampaikan harapannya kepada orang tua siswa aagr memberikan izin kepada anak untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Meski demikian, sifatnya tidak wajib karena harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

"Kalaupun orang tua siswa tidak memberi izin kepada anaknya untuk mengikuti proses belajar tatap muka tidak apa-apa, namun pihak sekolah akan memberikan pembelajaran secara daring," sebutnya.

Surya juga meminta agar proses pembelajaran bisa berjalan terus seperti ini. Siswa harus memakai masker dengan benar, memberi jarak tempat duduk siswa dengan siswa lain, mencuci tangan menggunakan sabun, serta tidak membiarkan siswa berkerumun dengan siswa lain.

"Dan yang paling penting tantangannya adalah bahwa pembelajaran tidak hanya di 30 menit per jam pelajaran yang ada di sekolah, maka sesi-sesi ini harus dilakukan juga secara daring," tegasnya.

Surya juga berpesan kepada tenaga pengajar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka agar penyebaran Covid-19 dapat dihindari.

"Saya juga tadi memberikan masker kepada kepala sekolah untuk digunakan oleh tenaga pengajar maupun siswa," tukas Surya.

(ARI/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi