Kadisdik Aceh Ultimatum Kepala Sekolah

Silahkan Mundur Jika Tak Mampu Tuntaskan Vaksinasi Siswa

Silahkan Mundur Jika Tak Mampu Tuntaskan Vaksinasi Siswa
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Blangkejeren - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Alhudri, mengultimatum Kepala SMA/SMK dan SLB agar menyegerakan vaksinasi Covid-19 bagi siswa hingga batas terakhir 30 September 2021.

Apabila sampai batas waktu tersebut vaksinasi tidak mampu disukseskan, Alhudri mempersilahkan kepala sekolah untuk mengundurkan diri.

"Ini saya tegaskan kepada kepala sekolah SMA, SMK dan SLB, jika tidak mampu maka saya persilahkan mundur saja," kata Alhudri di hadapan Kepala SMA/SMK dan SLB saat mendampingi Sekda Aceh Taqwallah di SMKN 2 Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Minggu (19/9).

Alhudri menuturkan vaksinasi adalah persoalan serius. Bahkan Presiden Joko Widodo turun ke Aceh secara khusus hanya untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Oleh karena itu, dia menekankan kepada kepala sekolah terutama wali kelas untuk melakukan berbagai upaya agar para siswa mau divaksin, kecuali bagi mereka yang memang tidak diizinkan secara medis.

Alhudri menyebut saat berkunjung ke daerah, dirinya sering ditanya oleh wali siswa bahkan oleh siswa sendiri mengenai kapan sekolah tatap muka akan dibuka kembali.

Namun, jika vaksinasi ini belum dilakukan secara merata para siswa maka sekolah tatap muka belum bisa dimulai.

"Karena kuncinya selain pakai masker, jaga jarak, adalah vaksin. Jika vaksinasi belum merata maka sekolah tatap muka secara normal seperti sedia kala akan sudah dilakukan. Dulu belum bisa karena vaksinnya tidak ada, sementara saat ini sudah ada vaksin." kata Alhudri.

Mantan Kepala Dinas Sosial Aceh ini mengatakan, saat ini dampak dari pandemi Covid-19 ini sangat memukul perekonomian, jangankan di Indonesia di tingkat dunia pun ekonomi terpuruk.

"Begitu juga halnya kita di Aceh, jam 10 malam harus tutup, sementara setiap orang butuh uang untuk hidup," sebutnya.

Oleh karena itu, Alhudri mengajak semua pihak untuk mempercepat vaksinasi siswa, setelah itu akan dilakukan vaksinasi untuk masyarakat umum.

"Tolong Pak Kadisdik (kabupaten/kota) mari kita saling bahu- membahu untuk menyukseskan vaksinasi siswa," kata Alhudri.

Sementara Sekda Aceh, Taqwallah, dalam setiap pertemuan mengajak semua pihak terutama kepala sekolah, dan wali kelas agar mempercepat vaksinasi terhadap siswa usia sekolah.

Dia meminta agar wali kelas melakukan pendekatan pada muridnya sehingga tidak ada penolakan untuk divaksin.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi