Jelang WSBK dan MotoGP, UMKM di Mandalika Diminta Dibantu

Jelang WSBK dan MotoGP, UMKM di Mandalika Diminta Dibantu
Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (21/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww/aa.)

Analisadaily.com, Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, meminta Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero membantu UMKM di sekitar lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika menyambut perhelatan World Super Bike (WSBK) dan MotoGP.

"Bukan hanya pelatihan dan bimbingan untuk pelaku usaha namun harus didukung dengan permodalan," kata Zulkieflimansyah saat menerima perwakilan PNM, Sunar Basuki dilansir dari Antara, Selasa (5/10).

Menurut dia, bantuan diperlukan dengan harapan, pelaku usaha siap secara produk dan SDM menyambut ribuan tamu yang datang selain modal demi keberlangsungan usaha, tempat untuk berjualan maupun tata cara menyambut dan memperkenalkan produk berikut kemasannya secara komersial.

Oleh karena itu, orang nomor satu di NTB ini berharap PNM bersinergi dengan kementerian terkait dan OPD dalam mengklasifikasi kelompok dan UMKM yang telah mendapatkan bantuan agar tak tumpang tindih dalam pengelolaan.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Sunar Basuki menjelaskan, keberadaan PNM di NTB telah ada 421.000 nasabah. Pola pemberian modal kepada perseorangan yang sudah tergabung dalam kelompok berjumlah 15-20 anggota dan modal yang diberikan antara 2 juta hingga 9 juta rupiah, bila usahanya terus berkembang.

"Siapapun bisa memperoleh pinjaman ini, dan kami punya pendamping hingga di desa-desa se NTB," ujarnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini, ada dua ribu pendamping di NTB, sedangkan ada 50 ribu pendamping di seluruh Indonesia.

Selain memberikan pembiayaan usaha, PNM juga memberikan pendampingan dan pelatihan usaha secara reguler dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dan naik naik kelas.

PNM juga memiliki satu unit usaha yang dinamakan Mekaar dalam membina ekonomi keluarga sejahtera untuk memberikan biaya permodalan dan pendampingan, termasuk di sekitar KEK Mandalika sudah dilakukan kepada masyarakat sekitar.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi