Pemerintah Polandia Memuji Pendidikan Dokter di USU

Pemerintah Polandia Memuji Pendidikan Dokter di USU
Rektor USU Dr Muryanto Amin mengalungi ulos untuk Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska. (Analisadaily/Humas USU)

Analisadaily.com, Medan - Pemerintah Polandia secara khusus memuji pendidikan dokter di Universitas Sumatera Utara (USU), sehingga Polandia berniat meningkatkan kerja sama yang selama ini telah terjalin.

Hal itu terungkap saat kunjungan Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska, Kamis (7/10/2021) di Rumah Dinas Rektor USU.

Dalam kunjungannya, Dubes Polandia didampingi Political and Economic Affairs Poland Embassy Michal Weglarz serta Slawomir Stanislaw Stoczynski.

“Saya ingin adanya peningkatan kerja sama yang selama ini kita bangun. Terkhusus pada dunia kesehatan, di mana USU terkenal sangat unggul dalam pendidikan kesehatannya,” ujar Beata.

Beata menyebutkan jika ia melihat potensi untuk dapat melakukan kerja sama pendidikan dengan USU terutama di bidang kesehatan, teknik, serta pertanian.

Ia menyebutkan setidaknya ada sekitar 600 mahasiswa Indonesia silih berganti menimba ilmu di Polandia.

Sebagai informasi, kerja sama USU dengan Polandia telah dilakukan setidaknya dalam tiga tahun terakhir melalui program bernama Erasmus. Erasmus merupakan wadah yang memberikan akses pendidikan ke beberapa negara yang ada di Eropa.

Dalam pertemuan tesebut Beata turut menjelaskan jika nama kawasan Polonia di Medan merupakan nama latin dari Polandia.

“Nama tersebut berasal dari seorang bangsawan Polandia yang membuka lapangan kerja pada lahan tembakau di sekita kawasan Polonia saat ini. Dikarenakan saudagar ini memberikan lapangan kerja yang luas dan berdampak pada masyarakat luas sehingga kawasan tersebut disebut Polonia sebagai representasi asal bangsawan tersebut,” ujarnya.

Secara umum, pertemuan itu sendiri membahas tentang kerja sama pendidikan untuk kedua belah pihak, khususnya mendukung program internasionalisasi USU.

Rektor USU, Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, yang menyambut rombongan Dubes Polandia menngatakan, kedatangan Dubes Polandia memperkokoh upaya USU untuk dapat terkoneksi dengan dunia pendidikan di luar negeri.

“Kami apresiasi kedatangan Dubes Polandia. Saya berharap pertemuan ini tidak hanya sampai di sini namun dapat kita implementasikan lebih lanjut,” kata rektor.

Rektor USU juga berharap ada realisasi program agar implementasi internasionalisasi kampus dapat diwujudkan dan berharap banyak sivitas akademika USU nantinya mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Polandia.

“Semoga setelah ini terbuka akses bagi kita untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan dari sivitas akademika kita. Harus kita susun serangkaian program seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, serta program lainnya,” kata Rektor USU.

Dubes Polandia, Beata yang sampai di Kualanamu Kamis pagi sengaja memprioritaskan datang ke USU untuk menyampaikan pesan kerja sama dalam bidang pendidikan antara Polandia dengan USU.

Hadir mendampingi Rektor USU dalam pertemuan itu Wakil Rektor III USU Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, SSi, MSi, Apt, Kepala Kantor Urusan Internasional USU, Dr Esther Sorta Mauli Nababan, M Sc, para dosen dan tenaga kependidikan USU.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi