Melalui #TahanDulu, Warga Medan Diajak Hindari Misinformasi Covid-9

Melalui #TahanDulu, Warga Medan Diajak Hindari Misinformasi Covid-9
Facebook (Pixabay)

Analisadaily.com, Medan - Facebook berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), tokoh lintas agama, dan kreator konten asal Medan, menggelar roadshow virtual #TahanDulu.

Roadshow di Kota Medan ini merupakan episode ketiga, yang sebelumnya sukses digelar di Jakarta dan Pontianak.

Dipandu kreator asal Medan, Alvin Matondang (dikenal dengan karakter Mamak Gardam), bincang-bincang ini akan hadir untuk mengajak masyarakat untuk berpikir kembali dan memeriksa kebenaran sebuah informasi, terutama yang terkait Covid-19, sebelum membagikannya ke orang lain.

Kepala Kebijakan Publik, Asia Tenggara, Facebook, Rahimah Abdulrahim mengatakan, sejak awal pandemi, mereka telah secara proaktif memerangi misinformasi Covid-19 dan menghubungkan orang-orang dengan informasi yang akurat dari sumber tepercaya termasuk otoritas kesehatan.

“Memberikan konteks yang tepat adalah salah satu cara kami untuk mengatasi misinformasi, dan inilah tujuan utama dari kampanye #TahanDulu, yaitu mengingatkan orang-orang di Indonesia untuk membuat keputusan yang tepat tentang apa yang ingin mereka baca dan bagikan secara online sehingga semua orang dapat turut ambil bagian untuk bersama-sama melawan Covid-19,” katanya, Rabu (27/10).

Pada roadshow virtual episode ketiga ini, Alvin hadir bersama Ucok, karakter ikonik yang membuat konten komedi Mamak Gardam semakin menghibur. Dengan candaan dan komedi khas Medan, duo kreator ini akan berbincang dengan perwakilan dari Kominfo, Facebook, serta dua tokoh lintas agama Habib Husein Ja’far Al Hadar dan Romo Frans Kristi Adi Prasetya.

Obrolan santai dan jenaka khas Mamak Gardam ini akan memberikan wawasan baru bagi warga di Medan dan Sumatera Utara pada umumnya mengenai kompleksitas misinformasi yang beredar di masyarakat, serta bagaimana pandangan agama terhadap hoaks yang begitu membahayakan masyarakat.

Tak lupa, para pembicara akan memberikan tips agar terhindar dari hoaks. Sesi diskusi yang bertajuk “#TahanDulu: Satu Jempol Bisa Sebar Seribu Rumor” ini akan disiarkan secara langsung melalui Halaman Facebook Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dan Mamak Gardam Rabu (27/10), pukul 19.00 WIB.

Tak hanya itu, roadshow virtual #TahanDulu episode ketiga ini akan dibuka oleh penampilan para pemusik dari Saung Angklung Mang Udjo yang akan memainkan lagu-lagu daerah khas Sumatera Utara (Sumut).

Rahimah berharap, melalui roadshow virtual ketiga #TahanDulu ini, masyarakat di Medan dan Sumut secara umum akan semakin memahami bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari misinformasi dan dapat berpikir ulang serta memeriksa kebenaran informasi yang mereka terima sebelum dibagikan di media sosial.

“Kami percaya, kolaborasi dan peran serta dari seluruh masyarakat menjadi kunci untuk meredam peredaran misinformasi, khususnya yang terkait Covid-19, dan mempercepat langkah kita untuk keluar dari pandemi ini,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi