Lahan Tergenang Banjir, Petani Bunga Berharap Kepedulian Pemerintah

Lahan Tergenang Banjir, Petani Bunga Berharap Kepedulian Pemerintah
Lahan pertanian bunga yang terendam banjir di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Tanjung Morawa - Hujan deras yang turun dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan sekitar satu hektare lahan pertanian bunga tergenang air di Jalan Harapan Dusun XI, Desa Bangunsari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Akibat genangan air, puluhan petani mengalami kerugian karena bunga dagangannya layu terendam dan pembeli enggan datang ke lokasi tersebut.

Menaria Bakkara (49) dan Ida Rospita Purba (60) mewakili puluhan petani bunga mengatakan, genangan air tetap bertahan karena sarana normalisasi sebagai saluran pembuangannya tidak ada.

Menurut mereka, selain kerugian material, beberapa anak di wilayah tersebut juga menderita penyakit gatal-gatal di kaki dan tangan.

"Kami tidak tahu bagaimana mengatasi masalah ini. Tolong kami agar diperhatikan pemerintah," ujar Menaria Bakkara sembari menitikkan air mata, Sabtu (6/11).

Para petani khawatir genangan air akan bertambah karena cuaca masih terlihat mendung.

Sementara Kepala Desa Bangunsari Baru, Edy, mengatakan di lokasi itu sebenarnya sudah pernah dibuat parit darurat, namun tidak beton.

"Beberapa tahun kemudian, parit itu tertutup kembali sehingga normalisasi tidak ada sebagai pembuangan air," sebutnya.

Pihaknya mengaku sudah berungkali mengajukan permohonan ke Pemkab Deli Serdang agar drainase di daerahnya segera dibangun untuk mengatasi banjir.

(KAH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi