Bupati Tapsel: Eksistensi HMI Pilar Penting Dalam Pembangunan

Bupati Tapsel: Eksistensi HMI Pilar Penting Dalam Pembangunan
Pelantikan pengurus HMI Cabang Padangsidimpuan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sidimpuan - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, menegaskan eksistensi para kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menjadi pilar penting dalam pembangunan Republik Indonesia.

"Lihat saja bagaimana Ir. Akbar Tanjung dengan ide-ide brilliannya yang menginisiasi berdirinya kelompok Cipayung, menjadi desainer berdirinya KNPI. Demikian halnya pemikirian keislaman dan keindonesiaan yang digagas oleh alm Prof. Nurcholis Madjid (Cak Nur) serta Dr. Sulastomo, seorang islam yang nasionalis, seorang negosiator ulung, mampu meyakinkan Presiden Soekarno untuk tidak membubarkan HMI," kata Dolly saat pelantikan pengurus HMI Cabang Padangsidimpuan di Aula Hotel Mutiara, Jalan Imam Bonjol, Kota Padangsidimpuan, Minggu (7/11).

Lebih jauh Dolly mengungkapkan, HMI baginya bukan hal yang asing. Meski tidak kader HMI, namun secara ideologis dan biologis gen HMI mengalir dalam dirinya.

"Idealisme pemikiran HMI mempengaruhi cara berpikir saya, karena lingkungan tempat saya hidup dari kecil hingga sekarang diamanahkan menjadi Bupati Tapsel adalah lingkungan keluarga HMI. Sampai-sampai almarhum ayah saya Panusunan Pasaribu yang saat itu kuliah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, pernah menjadi tukang sorong sepeda ontelnya pendiri HMI Prof. Lafran Pane. Maka itu secara emosional, jangan pernah ragukan ke-HMI-an saya, karena apapun yang dicintai almarhum ayah saya, pasti akan saya cintai," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Dolly meminta agar para pengurus yang dilantik mampu menjaga tradisi dan identitas kader HMI.

"Tradisi intelektual yang agamis dan moderat serta tradisi sosial yang nasionalis. Karena jika adinda tinggalkan tradisi tersebut, ataupun malah terikut arus dengan pemikiran pragmatisme sesaat yang tidak visioner, yang hanya mengedepankan egoisme dan kepentingan pribadi, akan merusak citra HMI itu sendiri," imbuhnya.

Sementara Sekjend PB HMI, M. Ichya Halimuddin, dalam sambutannya mengatakan Tapsel telah banyak melahirkan tokoh nasional, salah satunya pendiri HMI Prof. Lafran Pane.

"Terima kasih kepada senior-senior atau alumni yang telah membantu pengembangan HMI Cabang Padangsidimpuan," katanya.

Adapun pengurus HMI Cabang Sidimpuan periode 2021-2022 yang dilantik yakni Ketua Indra Yusuf, Sekum Tarmizi Wahid, Bendum Hasan Ashari Sihotang serta bidang- bidang dan Kohati.

Hadir dalam pelantikan itu Wakil Ketua DPRD Tapsel Borkat serta sejumlah senioren HMI.

(HIH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi