Pengurus Karang Taruna Tanjungmorawa Dilantik, Wabup Deliserdang: Karang Taruna Penggerak Pembangunan Daerah

Pengurus Karang Taruna Tanjungmorawa Dilantik, Wabup Deliserdang: Karang Taruna Penggerak Pembangunan Daerah
Pengurus Karang Taruna Tanjungmorawa Dilantik. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Pengurus Karang Taruna Kecamatan Tanjungmorawa yang dikomandoi Andi Sukoco dilantik di Aula P3UD, Jalinsum Km. 23 Tanjungmorawa, Rabu (10/11).

Wakil Bupati Delisersang HMA Yusuf Siregar menegaskan, seganap kader Karang Taruna harus mampu berkolaborasi dengan pemerintah setempat dan menjadi penggerak pembangunan di daerah masing-masing.

"Setelah kepengurusan dilantik, ke depannya harus lebih baik lagi dibanding masa kepenguursan yang lama. Hal utamanya, manajemen organisasi harus pula dikelola sebaik mungkin," pesan Wabup Yusuf Siregar yang hadir dalam acara pelantikan.

Menurutnya, momen pelantikan bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan menjadi saat yang tepat. Sebab semangat kepahlawanan yang menjiwai gelira kebersamaan menjadi bekal bagi kemajuan suatu organisasi.

Di hadapan Camat Tanjungmorawa Marianto Irawadi, kapolsek dan Danramil 16/TM, Sekcam H Ibnu Hajar, Kadai Sosial Deliserdang, Kepala KUA Dr H Kamaluddin, MA, para kades dan lurah, Kepala KUPT Pendidikan, dan undangan lainnya, ia menambahkan jika Karang Taruna di tingkat kecamatan harus bisa mengikuti gerak pembangunan yang dilakukan camat, sebab Karang Taruna memang harus loyal kepada pemerintah setempat.

"Karena SK-nya camat yang menandatangani dan pelantikannya disahkan oleh camat, makanya harus selalu siap membantu tugas-tugas sosial di seluruh pelosok desa," imbuhnya.

Selaku Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Deliserdang, wabup yakin Karang Taruna Tanjungmorawa yang kini dinakhodai Ketua Andi Sukoco akan sangat kuat sesuai nama ketuanya. Apalagi hanya Karang Taruna satu-satunya organisasi yang dilantik kepala pemerintahan sesuai jenjangnya. "Ini sungguh luar biasa."

Kepada ketua yang dilantik, wabup berpesan Karang Taruna harus kuat dan tidak cengeng jika menggelar kegiatan. Begitupun para pengurus lainnya harus loyal dan bekerjasama dengan ketua, sehingga halangan apa pun yg dihadapai dalam menggerakkan organisasi akan dapat dilalui.

Sebelumnya Camat Marianto melantik dan mengambil sumpah para pengurus berdasarkan SK Camat Tanjungmorawa Nomor 23/2021 yang dibacakan Sekcam Ibnu Hajar. Pada prosesi pelantikan, juga dilaksanakan penandatangan berita acara pelantikan dan penyerahan pataka Karang Taruna.

Pelantikan yang berlangsung khidmat itu juga dihadiri Pengurus Karang Taruna Deliserdang dan unsur pengurus dari Sumut.

Ketua Andi Sukoco dalam sambutannya berharap kepada camat dan para kepala desa untuk memberikan arahan dan menggandeng kader Karang Taruna kecamatan hingga di desa-desa. Sehingga peran Karang Taruna sebagai wadah generasi muda yang mengemban tugas misi sosial bisa lebih optimal.

Sementara Ketua Panitia Nurdin kepada wartawan mengatakan, pelantikan pengurus baru ini merupakan amanah organisasi sesuai hasil Temu Karya Karang Taruna Tanjungmorawa yang berlangsung 26 September lalu.

Kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Tanjungmorawa juga didukung pengurus MPKT yang diketuai H Ibnu Hajar dan Sekretaris Rinto Sustono.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi