Rapat Kerja Forum Pelestarian Budaya Provsu Plenokan Sejumlah Agenda Pelestarian 

Rapat Kerja Forum Pelestarian Budaya Provsu Plenokan Sejumlah Agenda Pelestarian 
Rapat Kerja I Forum Pelestarian Budaya Provsu. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Forum Pelestarian Budaya Daerah (FPBD) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) memplenokan sejumlah agenda kegiatan untuk melestarikan seni dan kebudayaan tradisi masyarakat Sumatera Utara dalam Rapat Kerja I yang digelar Senin (22/11) di Ruang Rapat Kini Kitchen, Medan. Raker dihadiri Dewan Pertimbangan FPBD Provsu di antaranya Pdt Sadakata Ginting Suka, MTh dan Drs Jaimar Sibue, Dewan Pakar FPBD Provsu di antaranya Syahrifuddin Siba, SH, MA, Zulkifli Lubis, MA, Drs Julianus Harefa, Mtesol dan Wardayani SE, MSi serta Dewan Pelaksana FPBD Provsu yakni Datuq Adil Freddy Haberham, SE, Drs Harun Al Rasyid, Dra Denny Simamora, MSi, Drs Juanda Aj Haj, Yusmiati Suryadi, Dr Phill Ichwan Azhari, Bambang Riyanto, SS MSi dan Syarifuddin Lubis, SP.

Raker tersebut diawali dengan kata sambutan dari Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah yang dibacakan Kabid Ekonomi, Sosbud, dan Ormas Badan Kesbangpol Sumut, Zulham Efendi Siregar.

Wagubsu mengatakan berdasarkan SK Gubsu Nomor: 188-44/379/KPTS/2021 tentang Tim Pemantau dan Evaluasi Kegiatan Pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah Provinsi Sumatera Utara Periode 2021-2026, FPBD Provsu bertugas membantu Gubernur Sumatera Utara merumuskan kebijakan pelestarian dan pengembangan budaya daerah.

"Memfasilitasi kegiatan pelestarian dan pengembangan budaya daerah yang dilakukan dalam bidang kebudayaan dan lembaga adat daerah. Mengadakan pemantauan dan evaluasi kegiatan pelestarian dan pengembangan budaya daerah serta melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada gurbernur melalui sekretaris daerah Provsu," ujarnya.

Musa Rajekshah dalam amanatnya menjelaskan, sesuai UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, saat ini Pemerintah Provsu tengah memprioritaskan berbagai program pengembangan kebudayaan melalui instansi yang bergerak di bidang kebudayaan.

"Salah satunya dengan menggalakkan pengusulan penetapan warisan budaya serta cagar budaya ke nasional dan internasional (UNESCO). Diharapkan dengan terbentuknya Tim FPBD Provsu dapat membantu fungsi dan tugas seluruh instansi khususnya di bidang kebudayaan," ujarnya.

Menyahuti amanat Wagubsu, Ketua FPBD Provus Datuq Adil Freddy Haberham, SE menyatakan kesiapannya untuk mendukung program-program Pemprovsu khususnya dalam mendorong warisan budaya dan cagar budaya dari Sumatera Utara masuk ke dalam nasional dan internasional.

"Kami telah membuat rapat kerja dan salah satu agenda kegiatan yang segera dilakukan adalah membentuk Tim FPBD Provinsi Sumatera Utara di tingkat kabupaten/kota, lalu mendata dan menginventarisir dokumen kebudayaan di Provinsi Sumatera Utara serta membuat agenda atau kegiatan yang bertujuan melestarikan budaya," ujarnya.

Salah satu yang menjadi fokus adalah mendorong Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Sumatera Utara seperti kuliner, sastra, musik, permainan tradisional dan lainnya bisa diakui secara internasional melalui lembaga UNESCO.

"FPBD Provsu juga akan berperan aktif dalam mendokumentasikan aneka ragam kebudayaan di Sumatera Utara sehingga mampu melahirkan Sumut Bermartabat dari segi Kebudayaan-nya," ujar Datuq Adil Freddy Haberham.

Rapat Kerja I yang dipimpin Dr Phill Ichwan Azhari itu sendiri telah memplenokan agenda kegiatan kerja FPBD tahap pertama yang akan segera direalisasikan yakni membentuk FPBD di kabupaten/kota, kemudian meriset dan menulis buku kebudayaan Sumatera Utara, menggelar Kongres Kebudayaan Nasional di Sumatera Utara dan berperan aktif dalam Festival Kebudayaan Nasional.

Tim Pemantau dan Evaluasi Kegiatan Pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah Provinsi Sumatera Utara Periode 2021-2026 itu diketuai Wakil Gubernur Sumatera Utara dengan Sekretaris Kepala badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara, serta anggota Kadis Infokom, Kadisdik, Sekretaris Kesbangpol dan lain sebagainya.

Sementara Keanggotaan Tim Ahli Pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah Provinsi Sumatera Utara Periode 2021-2026 diisi Dewan Pertimbangan yang diketuai Tengku Sultan Mahmud Aria Lamanjtiji Perkasa Alam Shah (Sultan Deli), Wakil Ketua H Pandapotan Nasution, SH Gelar Patuan Kumala Pandapotan.

Dewan Pakar yang diketuai Prof Dr Robert Sibarani, MA, Wakil Ketua Prof Ibnu Hajar Damanik serta Dewan Pelaksana yang diketuai Datuq Adil Freddy Haberhams, SE, Wakil Ketua Harun Al Rasyid, Sekretaris Denny Simamora, Wakil Sekretaris Juanda Aj Haj, Bendahara Yusmiati Suryadi, Bidang Pendataan Dr Phill Ichwan Azhari, MSi, Bidang Pelestarian Bambang Riyanto, SS, MSi dan Bidang Pengembangan Syarifuddin Lubis, SP.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi