Danny Kecam FIFA Atas Turnamen Kualifikasi Piala Dunia

Danny Kecam FIFA Atas Turnamen Kualifikasi Piala Dunia
Pelatih Selandia Baru, Danny Hay. (Reuters/Henry Romero)

Analisadaily.com, Selandia Baru - Pelatih Selandia Baru, Danny Hay, mengkritik Federasi Sepak Bola Indonesia (FIFA) karena menjadwalkan bagian dari turnamen kualifikasi Piala Dunia Oseania di luar jadwal internasional.

Turnamen sembilan tim akan digelar di Qatar pada 14-30 Maret untuk menentukan tim mana yang melaju ke babak playoff melawan tim peringkat keempat CONCACAF, yang menampilkan negara-negara dari Amerika Utara dan Tengah, serta Karibia.

Badan pengatur dunia FIFA telah memberi negara-negara Oseania perpanjangan satu hari ke jendela internasional 21-29 Maret tetapi mereka harus tawar-menawar dengan klub untuk melepaskan pemain selama minggu pertama turnamen.

Selandia Baru secara tidak proporsional dipengaruhi oleh penjadwalan karena memiliki lebih banyak pemain di klub profesional daripada rival Pasifik mereka.

"Ini tidak akan terjadi di tempat lain di dunia. Saya di sini di Denmark saat ini dan mencoba menjelaskan bagaimana ini terjadi, tidak ada yang bisa memahaminya," kata Hay kepada media Selandia Baru dilansir dari Channel News Asia, Selasa (30/11).

"Saya berbicara dengan Federasi Sepak Bola Denmark hari ini, dan mereka hanya diperdaya. Bayangkan mengatakan kepada tim nasional Denmark bahwa Anda memiliki kualifikasi Piala Dunia, tetapi Anda tidak dapat memilih pemain terbaik Anda?. Bagi saya dan para pemain kami, ini sangat mengecewakan," kata dia.

Selandia Baru adalah tim Oseania terakhir yang lolos ke Piala Dunia ketika mereka mencapai putaran final 2010 di Afrika Selatan.

Mereka tergabung dalam Grup B turnamen Oseania melawan Kaledonia Baru, Fiji, dan Papua Nugini.

“Setiap pemain yang saya panggil hingga saat ini adalah pemain profesional, mereka beroperasi di lingkungan profesional, tetapi klub tidak akan mau menyerahkan pemain mereka di tengah musim. Ini sulit untuk ditelan, bahwa kami tidak akan memiliki kesempatan untuk menyatukan pemain terbaik kami untuk memberi kami kesempatan terbaik untuk lolos," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi