Wisuda XXVIII, UNA Implementasikan Delapan Terobosan

Wisuda XXVIII, UNA Implementasikan Delapan Terobosan
Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Asahan, Drs Muhilli Lubis, menyematkan penghargaan kepada salah satu wisudawati yang memperoleh nilai Cumlaude, Sabtu (18/12) (Analisadaily/Awaluddin)

Analisadaily.com, Kisaran - Merospon perubahan visi dan misi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan perkembangan pasar kerka di era Revolusi Industri 4.0, maka perguruan tinggi dituntut untuk menyelaraskan perubahan itu.

Maka Universitas Asahan (UNA) salah satu, Perguruan Tinggi yang ada di di daerah telah melakukan penyelarasan arah pembangunan UNA dengan tetap mengacu pada Statuta UNA yang saat ini sedang dalam proses penyesuaian dan Rencana Induk Pengembangan UNA Tahun 2006-2025.

"Penyelarasan perubahan itu, maka UNA menjadi universitas yang unggul bidang pendidikan dan eco-socia-environment dalam menghasiikan lulusan yang inovatif dan berkepribadian," kata Rektor UNA Prof Dr Tri Harsono dalam acara Wisuda Sarjana XXVIII Tahun 2021, Sabtu (18/12).

Bercermin dari kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan tantangan yang dihadapi, UNA mengimplementasikan delapan terobosan yakni, reakreditasi Program Studi dan Institusi, peningkatan layanan pendidikan tinggi berbasis IT, peningkatan mutu layanan pembelajaran, penyediaan sumberdaya manusia, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan sarana internet, peningkatan kualitas LPM dan LPPM UNA dan kerjasama riset dan pengabdian bersama dengan berbagai lembaga di luar UNA dan Pemerintah Kabupaten Asahan juga terus digalakkan.

Di samping itu, Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, mengingatkan kepada wisudawan yang telah menyandang gelar telah memilki nilai tambah, sehingga dengan nilai tambah itu para wisudawan harus dapat menempatkan diri khususnya cara berpikir harus menjadi terstruktur dan produktif hingga mendapatkan hasil karya nyata di tengah-tengah masyarakat.

Di tempat yang sama Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tunggi Wilayah I Sumatera Utara melalui Kepala Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Ketenagaan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara, Drs. Heriyanto mengatakan, peningkatan kualitas Perguruan Tinggi Swasta termasuk UNA tidak hanya dilihat dari kuantitas lulusan, namun utamanya kualitas kelulusan.

Pemerintah juga telah memberikan bantuan terhadap peningkatan kualifikasi pendidikan bagi dosen tetap Perguruan Tinggi Swasta yang telah memiliki NIDN antara lain, melalui peningkatan kualifikasi pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada tenaga pengajar/dosen ke jenjang pendidikan S3, memberikan kesempatan untuk mengikuti sertifikasi dosen, memberikan tunjangan profesi bagi dosen yang telah memiliki jabatan fungsional dosen, minimal assisten ahli dan memberikan bantuan penelitian dalam bentuk hibah kepada dosen muda yang berprestasi dan dosen-dosen yang menghasilkan penelitian bermutu.

Acara wisuda itu juga dihadiri oleh Bupati Asahan dalam hal ini diwakili Asisten bisang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis yang menunjukkan rasa bangga atas perkembangan UNA dalam menyikapi perubahan.

"Pemkab Asahan sangat berharap kepada seluruh civitas akademika agar tidak bosan-bosannya berperan aktif dengan karya nyata yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat banyak," kata dia.

Dalam kesempatan itu sejumlah mahasiswa mendapat penghargaan antara lain Putri Santiya dari Fakultas Pertanian Prodi Argoteknologi, Jeki dari Fakultas Pertanian Prodi Budidaya Perikanan, Dewi Rati sari Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, Rahmadani dari Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum, Ratu Ayu Nadila dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Matematika.

Maya Anggi Siregar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Dicky Kurniawan Saragih dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Tasya Iin Shabilla dari Fakultas Ekonomi Prodi Ekonomi Pembangunan (Duta Qris Bank Indonesia Simbagut 2021), Rahmi Ningrum Utari Zass dari Fakultas FKIP Prodi Bahasa Inggris (Miss Grand Tourism Sumut 2021).

Adapun Jumlah wisudawan tahun ini sebanyak 454 orang dengan perincian Fakultas Tekni 69 wisudawan, Fakultas Pertanian 61 wisudawan, Fakultas Ekonomi 120 wisudawan, Fakultas Hukum 65 wisudawan, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 139 orang.

(ALN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi