Perpustakaan UMSU Terlibat Pengembangan Kompetensi Pustakawan SMP di Deliserdang

Perpustakaan UMSU Terlibat Pengembangan Kompetensi Pustakawan SMP di Deliserdang
Pembinaan pengembangan kompetensi pustakawan sekolah SMP di Deliserdang (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melalui Kepala Perpustkaan dan Pustakawan dipercaya dan terlibat dalam Pembinaan Pengembangan Kompetensi Pustakawan Sekolah SMP se-Deliserdang.

Hal tersebut merupakan program kerja seksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang sejak 26 Oktober sampai 29 Desember 2021.

Kepala Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin mengatakan, pembinaan pengembangan kompetensi pustakawan sekolah SMP di Deliserdang merupakan program yang tepat. Apalagi, saat ini kepala perpustakaan sekolah negeri dan swasta masih minim mendapat ilmu tentang manajemen perpustakaan sekolah.

“Apa yang dilakukan Dinas Pendidikan Deliserdang sebuah langkah tepat dan program yang sangat bermanfaat bagi pengembangan perpustakaan dan kompetensi pustakawan. Saya melihat, dalam kegiatan tersebut, semua pustakawan dilatih mulai dari pengolahan bahan pustaka, promosi perpustkaaan, pelayanan perpustakaan, hingga manajemen dan kepemimpinan di bidang perpustakaan,” ucapnya, Rabu (29/12).

Arifin menilai, melalui program ini sebanyak 273 kepala perpustakaan SMP negeri dan swasta se-Deliserdang mendapat pengetahuan mengelola perpustakaan yang baik, mendapat pencerahan karena mereka bisa melihat perpustakaan sekolah-sekolah yang telah juara sehingga pemikiran terbuka.

“Serta pengetahuan bertambah bagaimana perpustakaan sudah berkembang pesat tidak lagi konvensional, tetapi penggabuangan antara konvensional dengan Senayan Library Management System atau SLIMS dan perpustakaan digital,” sebutnya.

Dalam mengelola perpustakaan, lanjutnya, dibutuhkan kepemimpinan perpustakaan yang visioner, pemimpin yang memiliki karakteristik kuat. Untuk itu, dia minta agar para kepala perpustakaan sekolah tidak boleh berhenti untuk menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan perpustakaan perguruan tinggi.

“Kami Perpustakaan UMSU selalu siap berkolaborasi dan siap menerima magang bagi bapak dan ibu kepala perpustakaan sekolah sehingga perpustakaan sekolah menjadi lebih baik,” ucapnya.

Dalam pemaparannya, dia mencontohkan agar para pengelola perpustakaan sekolah lebih lincah, gesit dan tentunya selalu belajar dengan perpustakaan yang sudah terakreditasi atau meraih prestasi.

“Saya bangga, di Deliserdang ada perpustakaan yang sudah terakreditasi, dan bahkan meraih penghargaan di bidang inovasi. Ini sangat bagus, dan patut ditiru,” katanya.

Program ini ditanggungjawabi Kepala Dinas Pendidikan Deliserdang, Yudi Hilmawan, Penanggungjawab, Kabid GTK, Jumakir, Kasie GTK SMP, Nurmaidiah, Fasilitator, Eliati Lubis, Surya Dharma, Erniwati, Puspa Nurmasyita, Panitia Penyelenggara selaku ketua tim, Nona Faziera Sari.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi