Warga Terkena Banjir Bandang Sutam Mulai Keluhkan Penyakit

Warga Terkena Banjir Bandang Sutam Mulai Keluhkan Penyakit
Warga dari beberapa desa Kecamatan Batanglubu Sutam yang terkena banjir bandang berada di pengungsian. (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Batanglubu Sutam - Pengungsi korban banjir bandang di Kecamatan Batanglubu Sutam Kabupateb Padanglawas mulai mengeluh berbagai macam penyakit.

Dinas Kesehatan Kabupaten Padanglawas terus memberikan layanan kesehatan kepada warga maupun pengungsi korban banjir bandang.

Sejak banjir bandang lima hari lalu, Diinkes Palas telah membuka posko pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak bencana sudah ratusan warga yang mendatangi posko untuk berobat.

Dari tiga titik posko pelayanan kesehatan, sudah 650 warga mendatangi posko untuk dilayani, termasuk pengungsi, masyarakat lokal dan pengunjung. Setiap posko disiapkan dengan satu orang dokter penanggungjawab.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Palas, Nuva, mengakui warga terdampak banjir bandang sudah mulai mengeluhkan bebetapa penyakit.

"Pelayanan kesehatan terus kita berikan naik kepaxa warga korban bencana maupun warga sekitar," kata Plt Kadis Kesehatan, Ummi Sahara Matondang, Rabu (5/1).

Dari hasil diagnosa atau keluhan warga yang paling banyak adalah dispepsia, hipertensi, darmatitis, dan kelelahan.

Menurut data BPBD Palas, banjir bandang yang terjadi Jumat (31/12) lalu di wilayah kecamatan Batang Lubu Sutam itu telah merusak 431 rumah warga dan hanyut.

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi