Aceh Tamiang Terima Lumbung Sosial Rp 1 Miliar dari Mensos Risma

Aceh Tamiang Terima Lumbung Sosial Rp 1 Miliar dari Mensos Risma
Mensos RI, Tri Rismaharini menyerahkan bantuan lumbung sosial senilai Rp 1 miliar untuk kepentingan korban bencana di Aceh Tamiang, Rabu (12/1) (Analisadaily/Dede Harison)

Analisadaily.com, Kuala Simpang – Kabupaten Aceh Tamiang miliki lumbung sosial senilai Rp 1 miliar lebih bantuan dari Menteri Sosial (Mensos RI), Tri Rismaharini. Lumbung sosial tersebut untuk korban bencana banjir disalurkan melalui Bupati Aceh Tamiang, Mursil, ketika menerima kunjungan Mensos Risma di posko penanggulangan bencana, Rabu (12/1).

“Bantuan lumbung sosial ini cakupannya luas karena bukan hanya dalam bentuk makanan. Jadi ada mesin genset, tempat tidur, pakaian, popok bayi dan macam-macam. Banyak, kan, bantuan pascabanjir,” kata Tri Rismaharini di sela kunjungannya.

Risma berharap, seluruh bantuan tersebut segera disalurkan ke seluruh kecamatan yang terdampak banjir. Di mana, bansos ini merupakan tahap dua, sebelumnya Kemensos RI sudah menyalurkan bantun berupa bahan makanan.

“Bantuan sandang pangan sudah seminggu lalu. Hari ini yang kami salurkan lumbung sosialnya,” jelas Risma.

Kunker Mensos Tri Rismaharinilebih kurang hanya satu jam di Aceh Tamiang. Risma dan rombongan tiba di “Bumi Muda Sedia” pukul 09.45 WIB. Kedatangan mantan Wali Kota Surabaya ini disambut Bupati Mursil, Wakil Bupati HT Insyafuddin dan unsur Forkopimda Aceh Tamiang.

Setelah meninjau posko logistik terpadu dan dapur umum di Karang Baru, Risma mengunjungi Bank BSI Cabang Kota Kualasimpang untuk menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) secara simbolis kepada warga.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, melaporkan, Pemkab Aceh Tamiang hingga saat ini belum memiliki fasilitas dapur umum praktis seperti daerah lain di Pulau Jawa. Padahal fasilitas itu sangat dibutuhkan dalam menghadapi bencana alam, seperti banjir.

“Dapur umum kami belum ada Bu Menteri. Setiap tahun Aceh Tamiang minimal 3-4 kali mengalami banjir, sehingga kami sangat mengharapkan adanya bantuan dapur umum dari Kemensos,” harap Mursil.

(DHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi