Penasaran Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13? Simak Disini!

Penasaran Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13? Simak Disini!
iPhone 13 (Net)

Analisadaily.com, Jakarta - HP iPhone 13 merupakan iPhone keluaran terbaru yang rilis di tahun 2021, tepatnya hampir di akhir tahun.

Memang Apple sendiri sebagai perusahaan yang memproduksi iPhone rajin sekali mengeluarkan smartphone terbaru.

Untuk iPhone 13 sendiri sebenarnya terbilang punya banyak kemiripan dengan keluaran sebelumnya, yakni iPhone 11 dan iPhone 12.

Disini akan dijelaskan apa saja kelebihan dari iPhone 13 dan kekurangannya dibanding iPhone keluaran sebelumnya atau istilahnya disebut sebagai pendahulu. Simak berikut ini.

Kelebihan iPhone 13

Anda akan menemukan beberapa kelebihan utama pada iPhone 13 dibanding dengan iPhone keluaran sebelumnya.

- Tampilan Mengikuti Trend

HP iPhone 13 sendiri memiliki panel layer XDR OLED Super Retina. Dimana panel layer ini mengikuti tren dari HP di kategori flagship dan merupakan panel kalangan kelas atas. Masuk ke ukuran layar, memiliki ukuran 6,1 inci sama seperti iPhone keluaran sebelumnya.

Terdapat dukungan HDR10 dan Dolby Vision, cocok sekali bagi anda yang ingin menampilkan konten-konten HDR. Untuk fitur lainnya terdapat fitur pengaturan temperatur warna otomatis yaitu TrueTone dan juga Haptic Touch.

Kemudian untuk kecerahannya bisa sampai level 800 nit yang jauh lebih besar, jika dibanding dengan iPhone 12. Layar iPhone 13 punya kualitas visual yang terbilang cukup bagus dan juga tajam serta punya kedalaman warna dan akurasi warna yang baik.

- Desain Lebih Minimalis

Seperti diketahui apel sendiri mengeluarkan produk-produk dengan desain yang minimalis. iPhone 13 juga hadir dengan ukuran yang jauh lebih kecil jika dibanding iPhone 12, bahkan ukurannya lebih kecil sampai 20%. Untuk beberapa desainnya masih punya kemiripan dengan iPhone 12.

Misalnya dari segi notch yang ada di bagian layar dan punya bentuk modul kamera belakang. Namun untuk notch sendiri lebih pendek dan lebih tipis.

Namun jika diperhatikan, terdapat perbedaan susunan kamera belakang pada iPhone 12 dan iPhone 13. iPhone 13 punya lensa kamera belakang yang ditata secara diagonal dan tidak lagi vertikal.

Ternyata penempatan lensa kamera yang menyilang ini punya fungsi, untuk sensor kamera yang lebih besar lebih mudah masuk ke dalam modul.

Berbicara soal bobot dari HP ini, iPhone 13 hadir dengan bobot yang lebih berat 10 gram dari iPhone 12. Lalu untuk ketebalannya juga jauh lebih tebal sekitar 0,3 mm. Ini punya banyak varian warna yang hadir yaitu ada 5 pilihan. Mulai dari biru, pink, merah, midnight dan starlight.

- Performa Jauh Lebih Kencang

Kelebihan lainnya untuk iPhone 13 ternyata, juga terletak pada bagian performa. HP ini menggunakan chipset terbaru yakni A15 Bionic yang disebut-sebut punya kinerja jauh lebih cepat untuk pemrosesan data.

Data akan diproses lebih cepat 50% dari versi sebelumnya dan diklaim bahwa chipset ini sangat cepat dibanding ponsel lain.

Didukung pula dengan GPU 4-core yang mana membuat peningkatan 30% yang dilengkapi pula dengan teknologi 5 nm 15 miliar transistor serta CPU 6-core.

Dukungan lainnya terdapat pada sistem operasi terbaru yakni OS iOS 15 yang mana terdapat banyak fitur canggih yang membuat Anda bisa memanfaatkannya untuk bermain gim hingga multitasking.

- Sensor Kamera Unik

Masuk ke bagian performa dari kameranya punya kelebihan di bagian sensor kamera. Terdapat dua kamera belakang yakni punya sensor utama 12MP dan sisanya juga 12MP. Untuk kamera utama punya sensor wide yang mengalami peningkatan dengan teknologi Sensor-shift OIS.

Untuk bagian kamera depan, Anda akan menemukan sensor kamera 12 MP dengan lensa wide 23 mm. Terdapat pula SL 3D sensor yang sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan foto selfie.

Untuk kebutuhan pengambilan video Anda akan menemukan format video HDR Dolby Vision sampai 60fps. Kemudian jangan lupakan pula Anda bisa memanfaatkan mode malam untuk pengambilan foto di saya yang minim dengan pemindai LiDAR.

- Baterai Lebih Awet

Dari sektor baterai bisa dilihat bahwa Apple mengklaim iPhone 13 jauh lebih awet dibanding iPhone 12. Bahkan keawetannya bisa lebih lama sebesar 2,5 jam. Untuk kapasitas baterainya memang lebih unggul sebanyak 15% dibanding pendahulu dengan kapasitas baterai 3240 mAh.
HP iPhone ini bisa bertahan selama 89 jam dalam kondisi stand by.

Sementara dalam kondisi melakukan panggilan telepon dengan jaringan 3G bisa bertahan selama 19 jam 21 menit. Lalu ketika digunakan untuk browsing dengan memanfaatkan wi-fi bisa bertahan selama 16 jam 8 menit.

Smartphone ini memiliki teknologi fast charging sebanyak 20 watt. Sementara untuk pengisiannya bisa menggunakan adaptor berkabel dan adaptor nirkabel atau Magsafe.

Untuk waktu pengecasan sendiri, terbilang cukup cepat yaitu dalam waktu 30 menit mampu mengecas dengan kapasitas baterai 54% menggunakan adaptor kabel, sementara untuk penggunaan adaptor nirkabel mampu melakukan pengisian sampai 34%.

Kekurangan iPhone 13

Untuk kekurangan dari iPhone 13, Anda bisa melihat sedikit kekurangan dari iPhone keluaran paling baru ini.

- Desain Punya Banyak Kemiripan Dengan Pendahulu
Untuk kekurangan dari iPhone 13 sendiri bisa anda lihat pada bagian besarnya yang tidak mengalami terlalu banyak perubahan.

Anda bisa lihat bahwa HP ini punya desain bagian pinggiran yang tegas mirip iPhone 11 dengan 2 buah modul kamera. Perbedaannya hanya terletak pada bagian tata letak kamera yang dibuat menjadi diagonal.

- Fitur Fast Charging Kurang Cepat

Kekurangan lainnya terletak pada bagian charger. Meski sudah mengusung fitur fast charging, namun perlu diketahui bahwa fitur pengisian cepat nya belum optimal.

Karena jika dilihat lihat waktu yang diperlukan untuk mengecas sampai penuh terbilang cukup lama untuk kategori handphone HP flagship.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari HP iPhone 13 yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan ini, tentu banyak yang ingin membeli iPhone 13.

Anda bisa menemukan iPhone 13 original dengan harga yang lebih terjangkau hanya di Blibli. Kunjungi Blibli, baik lewat aplikasi maupun website resminya di blibli.com.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi