Pemko Tanjungbalai Siapkan Formula Guna Membina Para ASN

Pemko Tanjungbalai Siapkan Formula Guna Membina Para ASN
Rapat evaluasi APBD 2021 dan percepatan APBD 2022 Pemko Tanjungbalai (Analisadaily/Ridwan Marpaung)

Analisadaily.com, Tanjungbalai - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib, berharap Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKPAD) bisa menyiapkan formula dalam pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas menangani laporan keuangan, aset dan laporan pendukung lainnya.

Hal itu diungkapkan Waris saat memimpin rapat evaluasi APBD 2021 dan percepatan APBD 2022 dengan didampingi Pj. Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung dan Plt. Kepala BPKPAD Asmui Rasyid Marpaung di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Rabu (26/1).

"Saya berharap agar BPKPAD menyiapkan formula dalam pembinaan para ASN yang bertugas menangani ini, misalnya pembinaan dengan mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya, mengingat seringnya perubahan aplikasi dalam pengelolaan keuangan," ujarnya.

Waris menegaskan BPKPAD juga harus menyiapkan kegiatan pembinaan bagi ASN agar memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi yang baru sehingga proses penyusunan APBD sesuai dengan yang diharapkan.

"Perlu disiapkan kegiatan pembinaan bagi ASN agar mendapatkan kemampuan mengoperasikan aplikasi yang baru. Jika SDM kita siap, tentu proses penyusunan APBD akan berjalan baik," ucapnya.

Menurutnya setiap OPD harus melakukan langkah inovatif dan kreatif dengan tetap berpedoman pada Peraturan Perundang-undangan serta mempercepat penyelesaian laporan keuangan sebagaimana yang diminta BPKPAD sebelum nantinya dilaporkan ke BPK RI.

"Hari ini kita berkomitmen bersama terutama terkait pencairan anggaran akan dimulai di bulan Februari 2022 guna mempercepat pelaksanaan kegiatan sehingga dapat segera terlaksana ditiap OPD," tegasnya.

(RM/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi